Wakil Bupati Tinjau Langsung Titik Lokasi, Terdapak Banjir dan Longsor di Ipuh

oleh -112 views

Berandapublik.com – Akibat hujan dengan intensitas tinggi disertai badai
mengakibatkan meluapnya air anak sungai dan drainase, sehingga terjadi banjir dan pergerakan tanah longsor di Kabupaten Mukomuko. Kamis (17/11/22).

Informasi yang diterima redaksi, ada sekitar 20 Desa di Kabupaten Mukomuko terdampak bencana tersebut.

Wakil bupati Mukomuko, Hj Wasri meninjau beberapa titik lokasi banjir yang berada di Kecamatan Ipuh didampingi, BPDB Kabupaten Mukomuko, Camat Ipuh, Kapolsek Mukomuko Selatan dan Danramil Ipuh.

Dalam kegiatan peninjauan lokasi banjir ini, Wasri mengucapkan belasungkawa atas musibah banjir ini.

” Atas nama Pemerintahan Kabupaten Mukomuko kami mengucapkan rasa duka cita yang mendalam atas musibah bencana alam ini. Semoga musibah banjir segera dapat ditangani dengan baik dan semoga kepada masyarakat yang terdampak bencana tersebut senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan hati.” ungkap Wasri.

Wasri menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui BPBD akan membuat peta wilayah rawan bencana geologis, klimatologis dan biologis. Memberikan penyuluhan atau mitigasi bencana kepada masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah rawan bencana alam. .Juga berupaya membuat infrastruktur yang tahan akan bencana kedepannya.

“Kepada semua masyarakat mari kita jaga lingkungan dari sampah, karena ini adalah salah satu masalah fungsi sungai dan selokan tidak dapat bekerja dengan baik. Saya meminta Camat dan Kepala Desa segera menghimbau masyarakat untuk siaga dan waspada terhadap bencana,”jelas Wasri.

Pada kesempatan itu, Camat Ipuh, Buyung Andri. S Sos menjelaskan, Kecamatan sudah memginstruksikan kepada kepala desa untuk melakukan pendataan wargs yang terdampak banjir.

“Pihak Kecamatan Ipuh sudah mengintruksikan kepada kepala desa untuk melakukan pendataan warga yang terdampak banjir untuk menjadi bahan laporan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Mukomuko,”ucap Buyung Andr.

Terpisah, Kepala Desa Air Buluh, Hajratul Aswad, mengungcapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Mukomuko dan semua pihak yang sudah membantu dalam penanganan banjir mau pun pasca banji yang terjadi di Desa Air Buluh.

” Semoga kedepannya Pihak Kabupaten Mukomuko mampu memberikan solusi untuk jangka pendek maupun jangka panjang, agar Desa kami tidak terjadi banjir lagi.”pungkasnya.

Diketahui berdasarkan data BPBD Kabupaten Mukomuko ada 20 Desa yang terdampak antara lain :

Desa. Pasar Ipuh Kec. Ipuh
Desa. Pasar Baru Kec. Ipuh
Desa. Pulau Makmur Kec. Ipuh
Desa. Retak Ilir Kec. Ipuh
Desa. Medan Jaya Kec. Ipuh
Desa. Semundam Kec. Ipuh
Desa. Tanjung Harapan Kec. Ipuh
Desa. Pulai Payung Kec. Ipuh
Desa. Tanjung Medan Kec. Ipuh
Desa. Retak Ilir Kec. Ipuh
Desa. Air Buluh Kec. Ipuh
Desa. Wono Salam Kec. Lubuk Pinang
Desa. Tirta Mulya/SP.5 Kec. Lubuk Pinang
Desa. Kota Praja Kec. Air Manjunto
Desa. Rawa Mulya Kec. XIV Koto
Desa. Lubuk Sanai
Desa. Pelokan Kec. XIV Koto
Desa. Rawa Bangun Kec. XIV Koto
Desa. Dusun Pulau Kec. Air Rami
Desa. Talang Rio. Kec ,Air Rami

Data sementara, 316 unit rumah terndam banjir, tidak ada korban jiwa. Tetapi perlu segera penanganan pengendalian sungai/normalisasi anak sungai, gorong-gorong dan drainase agar tidak meluasnya dampak banjir. (rkm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.