TPS3R Sidodadi Menjadi Yang Terbaik di Kabupaten Mukomuko

oleh -36 Dilihat
oleh

Berandapublik.com – “Desa Sido Dadi Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, terus menonjolkan dirinya sebagai tonggak utama dalam pengelolaan sampah berkelanjutan,”

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Menteri (wamen) PUPR, Yessi, dalam kunjungan Monitoring dan Evaluasi ke desa Sidodadi tanggal 28 Mei 2024 lalu.

Wamen memberikan penekanan penting terhadap peran strategis Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) dalam mengatasi persoalan sampah di tingkat lokal.

Yessi menghimbau, agar TPS3R dapat diintegrasikan ke dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kami mendorong agar TPS3R dapat merangkul BUMDes sebagai mitra strategis dalam upaya meningkatkan operasional dan pemeliharaan fasilitas ini,” ujar Yessi.

Guna Mewujudkan Lingkungan Bebas Sampah, Menuju Sidodadi berkelanjutan, langkah ini diharapkan dapat meningkatkan operasional dan pemeliharaan TPS3R melalui penanaman modal yang dikelola oleh BUMDes di sektor sanitasi.

Ia juga menegaskan pentingnya kesetiaan Sidodadi dalam menjalankan komitmen sebagai desa kampoeng samanih melalui program TPS3R.

“Sidodadi telah membuktikan keseriusannya dalam mengelola sampah secara efisien dan bertanggung jawab. Kami berharap desa ini terus menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Mukomuko,” tambah Yessi.

Sebelumnya, Desa Sidodadi telah menerima program TPS3R dari Kementrian PUPR, yang meliputi pembangunan infrastruktur dan penyediaan peralatan pengolahan sampah, termasuk kendaraan motor roda 3 sebagai sarana pengangkut sampah dari masyarakat.

Dari sembilan desa penerima program serupa di Kabupaten Mukomuko, Sidodadi menonjol sebagai yang terbaik.

Sekretaris Desa Sidodadi, Dwi Darmanto yang juga menjabat sebagai Pelaksana Harian Kepala Desa menyatakan, bahwa Sidodadi tetap siap mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan baik oleh Kementrian maupun Pemerintah Kabupaten. Demi mencapai visi bersama untuk mewujudkan pola hidup sehat di desa, sejalan dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Dengan komitmen yang kuat dan dukungan dari berbagai pihak, Desa Sidodadi terus bergerak maju sebagai percontohan dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan, memperkuat harapan akan masa depan yang lebih bersih dan Hidup sehat bagi masyarakat Kabupaten Mukomuko.(mnr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *