Tahun 2023 Pemkab Lebong Siapkan Bantuan 80 Handtracktor Untuk Petani

oleh -282 Dilihat
oleh

Berandaublik.com – Keberpihakan Bupati Lebong, Kopli Ansori terhadap petani di Bumi Swarang Patang Stumang, tak diragukan lagi.

Pasalnya, tahun ini Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) kembali mengalokasikan anggaran untuk bantuan handtracktor untuk para petani.

Tak Tanggung-tanggung jumlahnya hand traktor sebanyak 80 unit. Hal itu disampaikan Kadis Disperkan Kabupaten Lebong, Hedi Parindo kepada wartawan diruang kerjanya, Kamis (9/2).

“Sebanyak sekitar 80 unit handtractor dialokasikan,” ujar Hedi

Dia menambahkan, pengadaan handtracktor ini untuk mendukung program MT2 yang dialokasikan APBD Lebong Tahun Anggaran (TA) 2023. Dengan pagu totalnya mencapai Rp 2,5 Miliar.

“Saat ini yang sudah tersedia itu sebanyak 10 unit. Tapi, karena memang target MT2 ini meningkat makanya tahun ini ditambah lagi 80 unit,” ungkap Hedi.

Dia menerangkan, alsintan itu merupakan prasarana produksi pertanian yang sangat penting, mengingat transformasi pertanian lebih banyak berada pada proses mekanisasi.

Masih kata Hendi, untuk distribusi dan penggunaan handtracktor akan dipinjamkan bagi desa dan kelompok tani (poktan) yang melaksanakan MT2.

“Handtacktor ini nanti akan dipinjam pakaikan ke desa dan kelompok yang melaksanakan MT2.” pungkas Hedi. (jmd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *