Sedekah Sampah Bernilai Ibadah, Untuk Membantu Warga

oleh -329 views

Berandapublik.com – Suatu Program yang patut dicontoh dan memiliki pendapatan asli di setiap Rukun Tetangga (RT) bahkan dapat diadopsi untuk pedesaan.

Seperti yang dilakukan RT 22 RW 02 Kelurahan Pematang Gubernur Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu.

Ketua RT 22 ini menjalankan program yang diberi nama Sedekah Sampah, dibentuk dan dilaksanakan sejak Januari 2021, hampir dua tahun dan saat ini masih berjalan.

Saat ditanya apa maksud dari sekedah sampah ini, di sela sela pengiriman barang bekas tersebut ke Bank Sedekah Sampah di Jalan WR Supratman RT 23 Pematang Gubernur, Ketua RT 22 RW 02, Zaili Djamil, yang didampingi Lurah Keluraham Pematang Gubernur M Tahir, SE mengatakan, yang dimaksud dari sedekah sampah ini ialah, semua sampah yang berasal dari warga RT 22 yang bukan sampah rumah tangga, dikumpulkan dan diserahkan kepada pengurus rt yang membidangi masalah sampah.

” sedekah sampah itu ialah sampah yang ada di rumah warga, seperti seng bekas, potongan besi, botol aqua dan lain lain yang laku dijual. Dikumpulkan dan diserahkan kepada pengurus rt yang membidangi.” kata Zaili. Minggu, (30/10/22)

Selanjutnya kata Zaili, barang itu dikumpulkan dan dijual kembali. Uang hasil penjualan barang-barang tersebut dikembalikan lagi ke RT.

Ditanya awak media berandapublik.com, uang yang sudah disetorkan ke RT, dipergunakan untuk apa saja?, Zaili menegaskan,

” uang hasil penjualan itu digunakan untuk mendukung kegiatan RT, membantu warga miskin dan yatim piatu dan memperingati hari hari besar di Rt,” jelas Zaili.

Zaili berharap, kepada warga RT 22 RW 02, jika ada barang barang bekas yang ada di rumah, meski itu nilainya kecil, dapat disedekahkan kepada pengurus di RT 22.

Senada dengan apa yang diharapkan Ketua RT, Lurah Kelurahan Pematang Gubernur, M Tahri, SE mengatakan, sebagai Lurah ia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan di RT-RT yang lain di Pematang Gubernur, tidak hanya berjalan di RT 22.

” Saya berharap nantinya, kegiatan ini dapat dilaksanakan di setiap rt yang ada di Kelurahan Pematang Gubernur, bukan hanya di RT 22 RW 02 saja.” tutup M Tahri, SE.(mag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.