Rentang Tahun 2018-2022, Pemkab Tanjab Timur Bangun Ratusan Jalan dan Jembatan Serta Box Culvert

oleh -122 Dilihat
oleh

Berandapublik.com – Dalam pengoptimalan pelayanan kepada Masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjab Timur, dibawah kepemimpinan H. Romi Hariyanto, S.E sebagai Bupati, selalu berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakatnya.

Sebagai buktinya, dalam kurun waktu lima tahun, dari tahun 2018-2022 sepanjang 358,118 Kilo Meter ( KM ) Infrastruktur Jalan dalam Daerah sudah ditingkatkannya. Selain itu Pemkab juga sudah membangun Box Culvert sebanyak 135 unit dan membangun Jembatan sebanyak 38 unit.

Kepala Dinas PUPR Tanjabtim, Dedi Novrianika, S.T, M.M., menjelaskan, upaya meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung, Pemerintah selalu peka akan kebutuhan masyarakat. Bahkan pemerintah sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhinya serta memajukan daerah ini untuk lebih baik lagi.

“Pelayanan bagi Masyarakat sudah diberikan Pemerintah sejak terbentuknya Daerah ini. Akan tetapi, keterbatasan anggaran Daerah menjadi salah satu faktor penghambat percepatan pembangunan ,” terang Dedi belum lama ini.

Adapun pelayanan akan peningkatan Infrastruktur jalan yang sudah diberikan Pemkab Tanjab Timur, kata Dedi terbagi 4 kategori, diantaranya pembangunan jalan Rigit Beton, Aspal, jalan Kelas B dan pengerasan jalan dengan tanah uruk.

“Kita (Pemerintah, red) sudah membangun jalan rigit beton sepanjang 19,854 Km. Lalu Jalan yang diaspal sepanjang 31,206 Km. Kemudian jalan kelas B sepanjang 279,4 Km. Sedangkan peningkatan jalan material tanah sudah sepanjang 27,658 Km ,” paparnya.

Untuk diketahui, dari 1235,170 KM ruas jalan dalam lingkup daerah ini, kondisi jalan baik sepanjang 160,665 KM atau 13,1 persen. Lalu kondisi jalan sedang sudah sepanjang 635,615 KM atau 51,46 persen. Sedangkan kondisi jalan rusak hanya 231,970 KM atau hanya sebesar 18,78 persen. Sementara kondisi jalan rusak berat hanya 206,920 KM atau hanya sebesar 16,75 persen.

“Artinya, kondisi jalan baik daerah kita ini sudah mencapai 64,47 persen. Sementara kondisi jalan buruk hanya 35,53 persen,” terang Dedi.

Selain itu, dalam upaya menopang peningkatan perekonomian dan pembangunan daerah, Pemkab juga sudah membangun Box Culvert sebanyak 135 unit dan membangun jembatan sebanyak 38 Unit.

“Yang mana jembatan penghubung yang di bangun tersebut guna kelancaran aktivitas masyarakat sehari-hari dalam mengeluarkan hasil perkebunan dan pertanian,” tambahnya.

Mesti ditengah – tengah keterbatasan anggaran untuk mempercepat pembangunan daerah, sambung Dedi, Pemkab Tanjab Tinur terus berupaya semaksimal mungkin supaya kesejahteraan seluruhan Masyarakat dapat terwujud.

“Harapan Kita Pemerintah Provinsi Jambi maupun Pemerintah Pusat dapat mengucur bantuan keuangan bagi Daerah ini sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) yang saat ini kita rasakan masih belum maksimal.” tutup Dedi.(pbp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *