Relokasi Rumah Warga Padang Bakung dan Muara Maras Terdampak Abrasi, Masih Terkendala Lahan

oleh -34 views

Berandapublik.com – Puluhan rumah warga Desa Muara Maras dan Padang Bakung Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM),yang terdampak abrasi gelombang laut.

Sehingga rumah yang terdampak banjir tersebut akan direlokasikan oleh pemerintah Kabupaten Seluma. Namun saat ini relokasi tersebut belum terlaksana, karena kendala lahan.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (Perkim) Perhubungan saat diwawancarai awak media mengatakan, pendataan sudah dilakukan dengan melibatkan dua kepala desa tersebut

“Kami sudah melakukan pendataan dan berkordinasi dengan kepala desa pada dua desa yang pemukiman warganya yang terdampak Abrasi,” Kata Erlan. Selasa, (28/6/22).

Menurut Erlan, hasil pendataan Dinas Perkim ada 87 Rumah di desa Padang Bakung yang terdampak abrasi, sehinggah mengakibatkan dapur hinga rumah warga habis terkikis air laut.

“Dulu menurut cerita mereka garis pantai hanya berjarak 15 meter dari rumah mereka, sehingga ada dapurnya hilang sampai-sampai ada rumahnya yang hilang akibat abrasi,” tambah Erlan.

Masih menurut Erlan, Dinas Perkim Kabupaten Seluma sudah mengusulkan kepada Kementerian PUPR melalui Dirjen untuk program rumah khusus.

Untuk pengusulan progam rumah khusus itu, dilakukan melalui aplikasi Sibaru dan tinggal menunggu verifikasi dari Balai Hubungan Provinsi Bengkulu.

“Sudah kami usulkan melalui aplikasi sibaru dan tinggal menunggu verifikasi dari balai provinsi Bengkulu,” terang Erlan.

Sedangkan untuk teknik dan teknis sudah dipersiapkan. Satu yang belum disiapkan, yaitu lahan yang akan digunakan untuk relokasi Pemukiman tersebut.

” Penyedian lahan relokasinya yang belum bisa didapatkan. Untuk lahan relokasi paling tidak dibutuhkan seluas 2 hektar.” tutup Erlan. (dap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.