PUPR-P Lebong Pastikan Jaringan Irigasi Uram Kiri Dianggarkan Tahun Ini

oleh -127 Dilihat

Berandapublik.com – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR-P) Kabupaten Lebong, memastikan Pembangunan jaringan Irigasi Uram Kiri dianggarkan tahun ini.

Pernyataan itu disampaika Dinas PUPR-P lebong yang telah melihat langsung kondisi saluran irigasi Uram Kiri yang terletak di kawasan Kecamatan Uram Jaya bersama Ketua DPRD Lebong, Selasa (24/1/23).

Kadis PUPR-P Lebong, Joni Prawinata melalui Kabid SDA, Arman Yunizar mengatakan, tahun 2023 ini pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,5 Miliar untuk peningkatan atau rehabilitasi jaringan irigasi di lokasi tersebut

“Tahun ini di Uram Kiri ada kegiatan SDA. Pekerjaannya peningkatan atau rehabilitasi jaringan irigasi,” kata Arman, Kamis, (25/1).

Dari penjelasan Arman, saluran yang dikerjakan akan difokuskan pada titik-titik yang terjadi kerusakan dan perlu dilakukan normalisasi.

“Saluran yang dikerjakan pada titik yang terjadi kerusakan dan normalisasi saluran menyesuaikan dengan pagu anggaran yang ada,” pungkas Arman.

Sebelumnya, Ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen menjelaskan, dari hasil kunjungan pihaknya ke lokasi, sawah warga di daerah itu terancam terendam banjir mengingat saluran air semakin dangkal sekalipun mengakibatkan air tidak mengalir sempurna. Ditambah lagi, para petani di daerah itu telah memasuki musim tanam.

“Kalau berdasarkan hasil kunjungan kita kesana, ada sawah milik warga terancam terendam,” kata Carles.

Mencegah terjadinya banjir bandang, ia meminta dinas terkait mengambil langkah cepat. Menurutnya, jika di hilir muncul sedimentasi kian cepat, itu tandanya hulunya bermasalah. Karena aliran sungai dari atas mengalir ke bawah, membawa material yang cukup banyak seperti batu, lumpur, dan kotoran yang lain.

“Irigasi Uram Kiri perlu dilakukan normallisasi.” Kata Carles Ronsen.(jmd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.