Polres Mukomuko Gelar Tactical Floor Game (TFG) dalam Kesiapan Pengamanan Pemilu Serentak 2024

oleh -65 Dilihat
oleh

Berandapublik.com – Polres Mukomuko memaparkan metode operasional sistem pengamanan kota (sispam kota) Pemilu 2024, melalui permainan taktis atau Tactical Floor Game (TFG) di Aula Mapolres Mukomuko. Sabtu (23/9/23)

Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto, S. H, S. I. K, M. H dalam sambutannya menjelaskan, Tactical Floor Games atau Permainan Taktis Operasional Sistem Pengamanan Kota diadakan dalam rangka Kesiapan Menghadapi Pemilu Tahun 2024, mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang, melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai.

Tujuannya adalah untuk mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan pasukan baik pada saat aman maupun situasi kontijensi.

“Tujuan dilaksanakannya giat TFG Operasional Sispam Kota Pemilu 2024 adalah agar personel yang terlibat dalam sispam kota dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan peran masing-masing,” ucap Kapolres.

Kapolres berpesan agar seluruh anggota yang terlibat melaksanakan persiapan secara maksimal. Baik personel maupun peralatan dari masing-masing Instansi, dalam rangka pelaksanaan sispamkota dan apel gelar pasukan, Menghadapi Pemilu 2024.

Selain itu Kapolres berharap agar seluruh Kapolsek dan Stakeholder mengetahui cara bertindak dan langkah yang diambil saat terjadi kejadian.

“Diharapkan kerjasama yang baik antara Kapolsek, Danramil dan Kepala Instansi terkait, untuk mengendalikan anggotanya. Karena melibatkan personel yang banyak,” tambah Kapolres.

Masing-masing penanggung jawab menurut Kapolres, harus mengetahui dan memahami rangkaian kegiatan, kejadian dan penyelesaian pertahapan. Diharapkan dengan dilaksanakan TFG ini dapat mensinergikan dan menjelaskan mekanisme pelaksanaan kegiatan.

“Tetap jaga kekompakan dan sinergitas antar stakeholder, sehingga pada pelaksaan sispam kota dapat berjalan lancar, dan situasi wilayah Kabupaten Mukomuko dalam keadaan aman, tertib dan kondusif,” harap Kapolres.

Sementara itu, Dandim 0428 Mukomuko, Letkol Inf Andri Sutarman mengatakan, Kodim 0428 Mukomuko siap mendukung Polri dan penyelenggara Pemilu untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 dengan menyiagakan anggota Kodim 0428 untuk melakukan backup pengamanan Pemilu 2024.

“Kami dari kodim 0428 bersama FKPD Mukomuko menyatakan akan bersinergi dengan Polres Mukomuko dalam pelaksanaan pemilu, mulai dari tahap awal hingga akhir. Dan kami akan siagakan anggota disetiap wilayah tentunya bersinergi dengan anggota Polri dan panitia pemilu lainnya di lapangan,” kata Letkol Inf Andri Sutarman.

Sedangkan Ketua KPU Kabupaten Mukomuko, yang diwakilkan oleh Bagian Divisi Hukum KPU Epra Budiman. Turut menyampaikan pendapatnya mengenai pelaksanaan TFG ini.

“Dengan adanya pelaksanaan taktikal floor game atau TFT yang dilaksanakan oleh Polres Mukomuko pada pagi ini, sangat membantu dan membuka wawasan kita terhadap keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan pemilu 2024. Untuk itu kami mengharapkan kegiatan seperti ini akan terus ada dan kedepan semoga kegiatan-kegiatan positif lainnya yang dapat mendukung kelancaran Pemilu 2024 juga dapat dilaksanakan,” ujar Epra Budiman

Sementara itu Mansur selaku Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas (HPPH) Banwaslu Mukomuko mengatakan, dengan adanya kegiatan TFG ini semua pihak baik itu KPU Bawaslu, instansi pemerintah dan semua yang terlibat dalam tahapan Pemilu 2024 semakin paham dengan tugasnya masing-masing.

“Kami turut mengapresiasi kegiatan taktikal floor game yang dilaksanakan oleh Polres Mukomuko. Dengan adanya kegiatan ini difami semua pihak.” tutup Mansur.

Hadir dalam acara ini, wakil Bupati Mukomuko, Sekdakab Mukomuko, Ketua DPRD, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Mukomuko , Camat Kota Mukomuko, Aggota Linmas, Kadis Perhubungan, Kadis PolPP, Kesbang Pol, Danki Brimob Pondok Suguh, Pejabat Utama Polres Mukomuko dan Kapolsek jajaran serta anggota yang terlibat dalam latihan.(mnr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *