Pohon Tumbang Mentupi Jalan di Lebong, Akses Kabupaten Sempat Lumpuh Beberapa Jam

oleh -39 Dilihat

Berandapublik.com – Hujan deras disertai angin terjadi di Kabupaten Lebong, sebatang pohon tumbang ke jalan raya.

Peristiwa ini terjadi di Simpang SMAN 05 Lebong, Desa Sukau Kayo Kecamatan Lebong Atas menuju Desa Sukau Datang I. Sekira pukul 20.05 WIB. Kamis (8/12/22) malam.

Akibatnya, jalan tersebut tidak bisa dilewati kenderaan dan lumpuh total. Karena pohon tumbang itu berukuran besar dengan panjang lebih kurang 15 meter menutupi badan jalan.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong, setelah menerima laporan dari warga atas kejadian ini, langsung menuju ke lokasi sekitar pukul 20:33 WIB.

Selanjutnya, pohon yang tumbang ini disingkirkan dari tengah jalan dengan menggunakan parang dan mesin pemotong kayu atau Sin Saw.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Lebong, Tantomi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lebong, Hendera ketika dikonfirmasi kepada wartawan menjelaskan, pohon yang tumbang tersebut sudah disingkirkan dan jalan tersebut sudah dapat dilewati kembali.

“ya, ada pohon tumbang. Tapi sudah diatasi dengan cepat. Tidak ada korban jiwa maupun korban materi dalam kejadian ini. Situasi dalam keadaan aman dan kondusif,” kata Hendera.

Hendra menjelaskan, pembersihan pohon tumbang ini berlangsung dari pukul 20.40 hingga 22:17 WIB. Selain pohon yang tumbang, juga ranting pohon yang patah menutup jalan itu juga dibesersihkan.

Selain itu, Hendra menjelaskan ada dua titik pohon yang tumbang di lokasi itu, jaraknya masing-masing sekitar kurang lebih 100 meter. Tetapi sudah dibersihkan dari jalan.

“Kita imbau kepada masyarakat Lebong yang melewati jalan ini untuk berhati-hati. Keadaan cuaca ekstrim dalam beberapa bulan ini, curah hujan tinggi. Masyarakat tetap waspada terhadap terjadinya bencana berupa banjir, tanah longsor, dan yang lainnya.” tutup Hendra. (jms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.