Pemkab Mukomuko Menyarahkan Seekor Buaya Dari Sungai Selagan Ke BKSDA Provinsi Bengkulu

oleh -116 views

Berandapublik.com – Seekor Buaya Jantan Dewasa yang ditangkap masyarakat dengan bantuan pawang buaya, di Aliran Sungai Selagan Desa Tanah Rekah, Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Kamis (10/03)kemarin, telah diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu.

Buaya Muara itu diserahkan Oleh Asisten II Setdakab Mukomuko, Drs. H Bustari Maler, M.Hum kepada Rasyidin, Kepala Seksi BKSDA Resor Mukomuko berlangsung di Ruang Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sedakab Mukomuko, Jum’at (11/03), sekitar pukul 10.30 WIB.

Berita acara serah terima satwa liar dan dilindungi undang-undang tersebut, disaksikan Asep M Nasir, Kepala KPHK Sebelat dan Masrut Kades Tanah Rekah, serta diketahui Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai KSDA Bengkulu, Said Jauhari, S.Hut, M.Si.

Usai melakukan penyerahan Buaya, Dr. H Bustari Maler mengatakan kepada awak media,
“Buaya yang ditangkap dari Sungai Selagan dan diamankan di komplek Pemda Mukomuko, telah kita serahkan ke BKSDA. Prosesi penyerahan dilaksanakan hari ini, dan langsung diterima pihak BKSDA dan buaya dalam kondisi sehat,’’ ungkap Dr. H Bustari Maler.

Dari informasi terhimpun, kata Bustari, jumlah buaya yang kerap meneror dan dinilai mengancam aktivitas warga di aliran Sungai Selagan Mukomuko mencapai puluhan ekor, dengan berbagai ukuran. Ini perlu diwaspadai, sebelum jatuh korban berikutnya.

‘’Jangan sampai ada korban berikutnya, kami mengimbau masyarakat untuk lebih waspada saat beraktivitas. Tak luput, kita dari Pemkab Mukomuko mengucapkan terima kasih kepada pawang dan warga masyarakat yang senantiasa membantu dalam melakukan proses penangkapan buaya itu. Terkhusus kepada BKSDA, karena buaya di aliran Sungai Selagan dianggap telah mengancam jiwa dan menghambat aktivitas ekonomi masyarakat, kami minta untuk lebih proaktif,’’ papar Bustari.

Sedangkan Buaya yang telah diserahkan Pemkab Mukomuko tersebut, selanjutnya menurut Rasyidin, akan dibawa dan diamankan di Penangkaran BKSDA Bengkulu.

” Untuk sementara ini, dari Pemkab Mukomuko buaya ini kita bawa dan diamankan di Balai KSDA Bengkulu.’’ pungkas Rasyidin.

Turut hadir, dalam serah terima Buaya tersebut, Camat dan Kapolsek Kota Mukomuko, Babinsa, Kades Tanah Harapan, BPD serta tokoh masyarakat Tanah Rekah dan Tanah Harapan.(adv/rto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.