Pemkab Mukomuko Menandatangani Kerja Sama Dengan BSSN, Mendukung Keamanan Transformasi Digital

oleh -53 views

Berandapublik.com – Pemerintah Kabupaten Mukomuko menjalin dan menandatangani perjanjian kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tentang aktivasi dan penerapan sertifikat elektronik.

Penandatangan perjanjian ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Utama BSSN, YB Susilo di Aula kantor BSSN di jalan May Jend TNI dr Roebiono Depok, Jawa Barat. Kamis (27/10/2022).

Dalam penandatanganan perjanjian ini, Bupati Mukomuko H Sapuan, SE yang didampingi Kepala Dinas Kominfo, Novria Eka Putra, S STP serta 15 pejabat daerah lainnya.

Saat menyampaikan pesan dan harapannya terhadap penerapan sertifikasi elektronik di Kabupaten Mukomuko, bupati berharap di Kabupaten Mukomuko akan berbasiz digital terutama dalam aplikasi dan tanda tangan elektronik.

” dengan kerjasama yang baik ini, saya berharap dalam pemerintahan kabupaten Mukomuko akan berbasis digital, terutama dalam aplikasi dan penerapan tanda tangan elektronik yang menjadi tujuan pemerintah dalam Sistem Pengelolaan Berbasis Elektronik,” sampai Bupati. 

Adapun ruang lingkup kerjasama BSSN dengan pemerintah daerah meliputi, penyediaan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung penerapan Sertifikat Elektronik pada layanan pemerintah, penerbitan sertifikat elektronik, pemanfaatan sertifikat elektronik dalam sistem elektronik pada masing-masing instansi, serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam pemanfaatan Sertifikat Elektronik.

Untuk diketahui, Layanan Sertifikasi Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) BSSN telah berhasil berkontribusi pada penghematan keuangan negara yang mencapai kurang lebih 1,5 triliun setiap tahun. Angka tersebut akan terus berkembang seiring dengan perluasan pemanfaatan Layanan ini baik dari aspek penggunanya maupun dari aspek pemanfaatan fungsi Sertifikat dan Elektronik. 

Dari 16 Pemerintah Daerah yang melaksanakan perjanjian kerjasama pada tanggal 27 Oktober 2022 tersebut diantaranya Pemkab Kayong Utara, Pemkab Mukomuko, Pemkab Sangihe, Pemkab Solok Selatan, Pemkab Agam, Pemkab Sumba Barat, Pemkab Mandailing Natal, Pemkab Banyuasin, Pemkab Waykanan, Pemkab Ogan Komering Ilir, Pemkab Pidie, Pemkab Buton Tengah, Pemkot Balik Papan, Pemkab Linggau, Pemkab Sungai Penuh, dan Pemerintah Kabupaten Pringsewu (Riki/adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.