Pemkab Kaur Rakor Bersama Mendagri, Mengenai Kebutuhan Pokok dan Inflasi

oleh -292 Dilihat
oleh

Berandapublik.com – Dalam Rangka pengendalian Kebutuhan pokok dan Inflasi daerah, Bupati Kaur H. Lismidianto SH., MH mengikuti Rakor secara daring yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (mendagri) RI H. M. Tito Karnavian.

Kegiatan bupati Kaur ini dielar di lantai III kantor Sekda Kaur, Senin (20/02 23).

Di Jakarta, pidato Mendagri ini diikuti diikuti oleh seluruh Tim Pengendalian Inflasi Nasional, sedangkan di Kaur, bupati didampingi Forkopimda, Sekda, Inspektorat, Pimcab Bulog, Kadis Pertanian, Kadis Perindagkop, Ka BPKAD, Kadis Sosial. Kadis Perhubungan, ESDM, Perencanaan Pembangunan, Kadis PUPR dan BPS. asisten Perekonomian dan Pembangunan serta seluruh anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kaur dari OPD, serta Instansi vertikal yang ada di Kabupaten Kaur.

Mendagri menyampaikan, ada beberapa poin yang paling ditekankan, antara lain isu pengoplosan beras premium dan minyak goreng yang marak di masyarakat kurun waktu terakhir ini.

Mendagri menegaskan agar Satgas Pangan dan TPID di setiap daerah untuk sering melakukan operasi pasar atau sidak, agar tidak muncul kecurangan dan menimbulkan kerugian bagi konsumen.

TPID diharapkan supaya terus melakukan pengecekan terhadap harga-harga kebutuhan pokok yang diperjualbelikan kepada masyarakat.

Ada empat poin yang harus dilakukan oleh setiap TPID, agar laju inflasi tetap terkontrol dan terkendali. Empat langkah tersebut diantaranya terus melakukan operasi pasar, memastikan stok kebutuhan barang pokok dan kelancaran distribusi bahan pangan. Melakukan gerakan tanam cepat panen dan sering melaksanakan koordinasi dan kerja sama antar daerah dalam mendukung serta meningkatkan perekonomian daerah.

Disampaikan pula, Kementerian Dalam Negeri RI mengadakan kegiatan rutin mingguan, yakni Rapat Koordinasi Nasional tentang Pengendalian Inflasi Daerah secara daring yang dipimpin langsung Oleh Menteri Dalam Negeri RI H. M. Tito Karnavian dan diikuti oleh seluruh Tim Pengendalian Inflasi Nasional di Jakarta. (rks).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *