Pemdes Pondok Tengah, Sukses Salurkan BLT-DD Tahap I Tahun 2024

oleh -54 Dilihat
oleh

Berandapublik com – Pemerintah Desa Pondok Tengah, Kecamatan V Koto, Kabupaten Mukomuko menyalurkan BLT-DD tahap I tahun 2024

Penyaluran BLT DD tahap 1 ini diserahkan kepada 29 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dilaksanakan di Aula Kantor Balai Desa Pondok Tengah. Kamis (16/05/24).

Penyerahan Bantuan dilakukan oleh Kepala Desa Pondok Tengah yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekdes) Sumalyadi, S,IP yang didampingi Perangkat Desa, Ketua BPD dan anggota, Camat V Koto di wakili Kasi Ekobang.

Sekdes menyampaikan, sasaran penerima BLT-DD adalah keluarga miskin yang tergolong ekonomi lemah yang belum tercatat atau yang belum menerima bantuan lainnya.

” BLT DD ini dibagikan kepada keluarga yang belum tercatat atau yang belum menerima Program (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) POS maupun Kartu Prakerja,” kata Sumalyadi.

Penentuan KPM dilakukan secara ketat melalui musyawarah desa khusus (musdesus) bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Sekdes juga menerangkan bahwasanya Kades belum bisa hadir dalam kegiatan ini karena sakit.

“penyerahan BLT-DD tahap I ini kades kita tidak sempat hadir, karena beliau lagi sakit,” imbuh Sumalyadi.

Dijelaskan Sekdes, Untuk penyaluran BLT DD tahap pertama ini seyogyanya berjumlah 30 KPM, tetapi yang satu beralih ke bantuan PKH sehingga jumlahnya menjadi 29 KPM,

” terhitung mulai bulan januari hinga bulan Mei 2024, dana yang diserahkan sebesar Rp1.500.000 untuk lima bulan di tahun 2024. penyerahan BLT ini sesuai dengan instruksi Pemerintah pusat dan dinas PMD dengan tujuan untuk meringankan beban ekonomi warga yang kurang mampu dan tergolong ekonomi lemah dan diberikan secara bertahap dengan nominal sebesar Rp300 ribu per bulannya dalam tahun 2024 ini,” ungkap sekdes.

Sekdes berharap agar bantuan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang kebutuhan ekonomi keluarga. (mnr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *