Partisipasi Warga Terus Meningkat, Hewan Qurban Tanjab Timur Capai 932 Ekor

oleh -199 Dilihat
oleh

Berandapublik.com – Sebanyak 537 sapi, 30 kerbau dan 365 kambing di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) akan dikurbankan pada Idul Adha tahun ini.

Data tersebut diupdate H – 1 tepatnya Rabu, 28 Juni 2023 sore. Jumlah ini diperkirakan masih akan bertambah menyusul adanya sejumlah desa yang belum menyampaikan data fix qurban tahun ini.

Bupati Romi Hariyanto bersyukur partisipasi warga yang berqurban terus meningkat. Hal itu menunjukkan tingginya kesadaran warga untuk menyempurnakan ibadahnya selaku seorang muslim. Selain itu Romi bersyukur tingginya jumlah qurban menunjukkan baiknya kondisi perekonomian warga meski tidak dapat digeneralisasi.

“Kita bersyukur tahun ini cukup banyak warga yang melaksanakan qurban, Pemkab juga berqurban 30 sapi dan 10 kambing,” kata Romi di Muarasabak Rabu petang.

Qurban ASN dan honorer Pemkab itu dijelaskan Romi tidak bersumber dari APBD. Namun pribadi masing – masing ASN dan honorer yang terhimpun di masing – masing OPD.

Lanjut Romi, ada kebiasaan ASN dan honorer di OPD untuk cicilan qurban. Ada yang disisihkan dari sebagian gaji maupun TPP yang mereka terima setiap bulan sehingga saat jelang Idul Adha tercukupi untuk patungan tujuh orang jika qurban sapi atau kerbau dan kambing untuk satu orang jika ada kelebihan.

“Alhamdulillah tradisi ini berjalan baik dan saya berharap bisa ditingkatkan tahun – tahun mendatang,” jelas Romi.

Tingginya angka qurban tahun ini dikatakan Romi sangat membantu meningkatnya rasa persatuan dan kebersamaan di semua lini masyarakat. Dia berharap seluruh warga dapat merasakan makna Idul Adha tahun ini. Romi juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di Tanjab Timur dapat mendoakan para jamaah Haji yang sedang berada di tanah suci.

“Saya juga mengajak seluruh masyarakat Tanjab Timur di manapun berada, mari kita doakan orang – orang tua kita, saudara – saudara kita, tidak hanya yang dari Tanjab Timur namun juga Provinsi Jambi secara umum dan seluruh saudara muslim dari seluruh penjuru dunia yang saat ini sedang berjuang di tanah suci, kiranya mereka semua diberikan kesehatan, kemudahan dan keselamatan hingga kembali ke tanah air masing – masing dan menjadi haji mabrur,” pinta bupati.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sapril selaku koordinator qurban Pemkab Tanjab Timur menjelaskan bahwa pelaksanaan pemotongan hewan qurban akan menyebar di seluruh wilayah. Sedangkan waktu pelaksanaan dimulai besok usai shalat Ied.

“Untuk OPD kebanyakan melaksanakan di hari Jumat atau H+2,” Sapril menjelaskan.

Ini rincian qurban yang sudah didata; OPD 30 sapi dan 10 kambing. Kecamatan Mendahara Ulu 20 sapi, 1 kerbau dan 8 kambing. Kecamatan Berbak 14 sapi dan 9 kambing. Kualajambi 19 sapi, 1 kerbau dan 2 kambing. Kecamatan Sadu 30 sapi dan 9 kambing. Geragai 111 sapi dan 43 kambing. Kecamatan Dendang 48 sapi, 2 kerbau dan 11 kambing. Kecamatan Rasau 89 sapi, 14 kambing. Kecamatan Muarasabak Timur 29 sapi, 10 kerbau dan 14 kambing. Kecamatan Nipahpanjang 70 sapi, 9 kerbau dan 78 kambing. Kecamatan Muarasabak Barat 69 sapi, 2 kerbau dan 20 kambing. Sedangkan Kecamatan Mendahara 38 sapi, 8 Kerbau dan 25 kambing. (pbp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *