Paripurna LKPJ Bupati Lebong, DPRD Rekomendasikan Aktivitas PT KHE Dihentikan

oleh -165 Dilihat
oleh

Berandapublik.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong, memberikan sejumlah rekomendasi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Lebong.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lebong menggelar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Lebong tahun 2022.

Rapat Paripurna dibuka langsung oleh Ketua I DPRD Lebong, Carles Ronsen dan dipimpin Waka I Dedi Haryanto, serta dihadiri 15 anggota DPRD Lebong, sekitar pukul 13.00 WIB. Rabu (12/7/23) .

Bupati Lebong, Kopli Ansori didampingi dan diikuti perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) hingga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Lebong.

Ada 19 rekomendasi yang diberikan lembaga legislatif tersebut. Salah satunya meminta aktivitas PT Ketahun Hidro Energi (KHE) dihentikan.

Rekomendasi itu dibacakan langsung Ketua Komisi I DPRD Lebong, Wilyan Bachtiar. Dia berharap bupati dan jajarannya mendengarkan aspirasi para dewan Kabupaten Lebong.

Wilyan Bachtiar menjelaskan, sehubungan investasi di bidang energi yang dilaksakan oleh PT KHE di desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang, bahwa kegiatan rekonstruksi tidak sesuai dengan dokumen UKL/UPL.

Dia menyebut, dokumen awal yang disusun PT KHE untuk sistem konstruksi Open, sedangkan pelaksanaan dilapangan menerapkan system TUNNEL (ledakan).

“DPRD meminta Pemerintah agar PT KHE menyusun dokumen system Tunnel,” ujar Wilyan Bachtiar.

Wilyan Bachtiar menambahkan, pada tahun 2021 dirinya bersama Ketua Komisi III sudah menyurati Pemerintah Daerah, agar memanggil PT KHE untuk ekspose company profile di depan DPRD dan Pemerintah Daerah.

“Apabila PT KHE belum atau tidak mau menyusun dokumen, DPRD meminta Pemerintah Daerah menghentikan aktivitas PT KHE untuk sementara waktu. Mengingat pekerjaan tersebut akan berdampak negative bagi lingkungan dan mengancam keselamatan nyawa manusia,” tegas Wilyan.

Sementara itu, Bupati Lebong, Kopli Ansori memastikan seluruh rekomendasi dan catatan DPRD Lebong ini akan ditindaklanjuti kedepannya.
“Apa yang menjadi catatan DPRD nanti akan kita tindak lanjuti.” kata Bupati Usai Rapat.(mag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *