Paripurna DPRD Kabupaten Kaur, Penyampaian Pengantar Bupati Terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021

oleh -31 views

Berandapublik.com – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kaur, Mendengarkan Penyampaian Nota Pengantar Bupati Kaur terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021.

Rapat Paripurna DPRD dipimpin oleh Ketua DPRD Kaur Diana Tulaini didampingi Wakil Ketua I Juraidi, S.Sos dan Wakil Ketua II Alpensyah, di Ruang sidang DPRD Kaur. Selasa (12/07/2022).

Dalam rapat Paripurna ini, Wakil Bupati membacakan Nota Pengantar Bupati Kabupaten Kaur terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kaur Tahun 2021.

“sebagaimana kita ketahui bersama, raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2021 merupakan laporan pandangan pemerintah daerah Kabupaten Kaur tahun anggaran yang telah diaudit badan pemeriksa keuangan republik Idonesia,” kata Herlian Muchrim, ST.

Wakil Bupati menerangkan, laporan tersebut meliput laporan realisasi anggaran yang terdiri dari pendapatan sebesar Rp855.813.361.199,05, belanja dan transfer Rp853.169.623.222,00 dan berkurangnya anggaran belanja atau defisit senilai Rp. 2.643.737.977,05.

Selain itu sampai Wakil Bupati, laporan keuangan Tahun Anggaran 2021 merupakan laporan yang sudah diperiksa BPK RI Perwakilan Bengkulu dengan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP).

Menurut Wabup, penilaian WTP yang diberikan BPK perwakilan Provinsi Bengkulu menjadi kebanggaan tersendiri dan tidak terlepas dari peran seluruh masyakarat, Pemkab dan DPRD Kabupaten Kaur.

“Kedepan kita dituntut untuk lebih baik, dan menyajikan transparansi dalam pengelolaan keuangan. Opini BPK dan hasil WTP atas pemeriksaan keuangan Pemkab Kaur, merupakan Pernyataan profesional. Pemeriksaan mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang sesuai dengan akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan dan kepatuhan terhadap perundang – undangan,” sampai Herlian Muchrim, ST.

Tentang pelaksanaan APBD 2021, Wakil Bupati Kaur mengharapkan tanggapan, arahan, saran dan kritik yang membangun untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan peningkatan kinerja pemerintah Kabupaten Kaur kedepannya.

Setelah mendengarkan pandangan Fraksi, Ketua DPRD Kabupaten Kaur menyatakan bahwa semua fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Kaur memberikan apresiasi setinggi – tingginya atas apa yang telah di lakukan Oleh Pemerintah Daerah dibawah Pimpinan Bupati Lismidianto dan Wakil Bupati Kaur Herlian Muchrim dan sepakat menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2021.

” Setelah mendengarkan pandangan Fraksi Dewan telah sepakat menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2021 untuk dibahas pada tingkat pembahasan selanjutnya oleh DPRD Kabupaten Kaur,” kata Diana Tulaini.

Rapat paripurna ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur Dr. Drs. Ersan Syahfiri, Sejumlah Kepala OPD, 16 Orang Anggota DPRD serta Kepala dan Perwakilan dari Forkopimda dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur.(rks)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.