Kecamatan Amen Pemenang I, Pilot Project Tertib Adminduk Tingkat Provinsi

oleh -83 views

Berandapublik.com – Tertib administrasi kependudukan (adminduk) di lingkungan Pemkab Lebong, sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Buktinya, pada Hari Ulang Tahun Provinsi Bengkulu ke-53 ini, Pemerintah Kecamatan Lebong Amen ditetapkan sebagai Juara Terbaik 1 dalam Lomba Pilot Project Adminduk se-Provinsi Bengkulu Tahun 2022.

Piagam penghargaan dan hadiah berupa uang pembinaan sebesar 20 juta diserahkan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah kepada Camat Amen, Drs. Safliluddin bersama Dukcapil Lebong, Pada Upacara HUT Bengkulu, di depan Kantor Gubernur. Jum’at (18/11).

Sedangkan, untuk juara 2, diraih oleh Kecamatan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara. Menerima uang pembinaan sebesar Rp17,5 juta, dan Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang meraih peringkat 3 dengan uang pembinaan Rp15 juta.

Hal itu berdasarkan Keputusan Gubernur Bengkulu Nomor : B.406.DUKCAPIL Tahun 2022 tentang Pemerintah Kecamatan Tertib Adminduk Terbaik Se-Provinsi Bengkulu Tahun 2022.

Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Dukcapil Lebong, Tri Handayani menyampaikan, kecamatan Amen terpilih juara 1 dari 129 kecamatan se-provinsi Bengkulu.

“Dua tahun terakhir, Alhamdulillah kita juara I se-Provinsi Bengkulu tingkat desa. Nah, tahun ini untuk pertama kali tingkat kecamatan kita masih juara 1,” kata Tri kepada wartawan. Kamis (18/11).

Disampaikan Tri, pembinaan yang dilakukan Dinas Dukcapil Kabupaten Lebong, dalam rangka tertib adminduk berbuah manis, dan mendapat apresiasi dari Gubernur Bengkulu dengan menetapkan Kecamatan Amen sebagai Juara I Terbaik Tingkat Provinsi Bengkulu.

Pada Tahun 2020 Tim Pilot Project Desa -Kelurahan Tertib Adminduk Dinas Dukcapil Kabupaten Lebong telah melaksanakan pembinaan di 51 Desa-Kelurahan binaan, dan berhasil mengantarkan Desa Talang Ulu meraih predikat terbaik 1. Hal serupa pada tahun 2021, Desa Muara Kentayu (Nangai Tayau-Red) sebagai Juara Terbaik 1.

Menurut Tri, dilaksanakannya program ini dalam rangka mendukung program nasional di bidang Dukcapil, yaitu Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) serta menuju Bengkulu Tertib Administrasi Kependudukan Tahun 2022.

“Semoga tahun depan kita tetap mempertahankan prestasi ini,” ungkap Tri.

Sementara itu, Bupati Lebong, Kopli Ansori menyampaikan apresiasi dan mengucapkan selamat kepada para pemenang.

“Saya selaku Kepala Daerah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada camat dan perangkatnya serta seluruh masyarakat yang telah bekerja sama dengan baik mewujudkan tertib administrasi kependudukan.” kata Bupati.(jms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.