Jelang MT2, Disperkan Lebong Bangun Irigasi Tersier

oleh -219 Dilihat
oleh

Berandapublik.com – Tahun anggaran (TA) 2023 ini Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong kembali mengalokasi dana untuk pembanggunan jaringan irigasi tersier.

Hal itu diungkap Kepala Disperkan Kabupaten Lebong, Hedi Parindo. Adapun Dana yang dialokasikan tersebut sebesar Rp4,5 miliar itu melalui APBD Lebong Tahun Anggaran (TA) 2023 yang digunakan untuk membangun irigasi tersier sekitar 20 paket.

“Tahun Ini Pemkab kembali membangun irigasi tersier dengan pagu Rp 4,5 Miliar yang bersumber dari APBD Lebong,” ujar Hedi kepada awak media. Senin, 13/2/23.

Ia menjelaskan, untuk titik Daerah Irigasi (DI) akan difokuskan di areal persawahan yang paling luas. Mulai dari Kecamatan Lebong Selatan, Bingin Kuning, Lebong Sakti, Lebong Tengah, Amen, Lebong Utara, dan Kecamatan Uram Jaya.

“Kalau kami lebih fokus bangun irigasi di jaringan tersier dan kuartel. Misalnya saluran yang langsung menghubungkan ke area persawahan para petani,” tambahnya.

Menurut Hedi irigasi yang dibangun itu merupakan usulan dari masyarakat, ataupun kelompok tani. Apabila ada wilayah belum tersentuh, ia memastikan akan prioritaskan tahun anggaran berikutnya.

“Ini dalam rangka untuk memudahkan petani untuk mendapatkan air dalam mengolah lahan mereka,” tutup Hedi.(jmd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *