Jalan Provinsi di Kecamatan Pinang Belapis Rusak Parah, Para Kades Minta Segera Diperbaiki

oleh -355 Dilihat
oleh

Berandapublik.com –  Akses jalan desa dalam wilayah Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.

Kerusakan jalan ini terjadi hampir di sepanjang kurang lebih 17 Km, mulai dari Desa Tunggang hingga Desa Tambang Saweak (Sawah-red). Sepanjang jalan tersebut terdapat lubang yang menganga bahkan pada beberapa titik aspal pada badan jalan sudah tidak ada lagi, berganti degan genangan air yang mirip kolam-kolam kecil.

Kondisi tersebut sangat membahayakan pengguna jalan, terutama bagi kendaraan roda dua, terlebih jika melintas pada malam hari, dibutuhkan kehati-hatian ekstra agar tidak terjadi kecelakaan. Pembangunan dan perawatan jalan ini adalah merupakan kewenangan pemerintah Provinsi Bengkulu.

 

Menurut penuturan Zulkarnain, Kepala Desa Tambang Kecamatan Pinang Belapis kepada awak media, sejak dibangun pada sekitar tiga puluh tahun lalu, hingga sekarang belum pernah diperbaiki, sehingga wajar saja kondisinya saat ini rusak parah.

“Memang jalan menuju Pinang Belapis ini sangat sulit dilalui, jalan ini sepengamatan saya, sejak dibangun pada tahun 1991, mulai dari jembatan di Desa Tunggang sampai Desa Tambang Saweak ini tidak pernah direhab. Berarti sudah sekitar 30 tahunan lebih tidak pernah ada perehaban,” kata Zulkarnain. Senin, 27/2/23.

Dia menjelaskan, rusaknya jalan ini bagi warga beberapa desa di Kecamatan Pinang Belapis, sangat menghambat sekali dalam beraktivitas. Dulu, kalau berurusan soal pemerintahan, untuk menuju Kantor Bupati Lebong,  biasanya hanya ditempuh dalam waktu setengah jam. kini bisa memakan waktu satu jam lebih.

Lebih lanjut Zulkarnain menyampaikan, Seharusnya pemerintah provinsi peduli dengan kondisi jalan yang rusak parah ini, mengingat sebelumnya perusahaan batubara, peruhasaan tambang emas yang ada di wilayah Kecamatan Pinang Belapis ini telah berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ditambah lagi di Desa Tambang Saweak ini juga terdapat Destinasi wisata yang cukup popoluer, sehingga sudah selayaknya akses jalannya di buat bagus

Hal senada juga disampaikan Zulkaidi Kepala Desa Bioa Putiak (Air Putih-red). Jalan yang melintasi  wilayah desanya ini tidak kalah parah kerusakannya.

” seperti yang bisa dilihat sendiri, sejak memasuki wilayah Desa Bioa Putiak, hingga perbatasan Desa Tambang Taweak, sepanjang jalan tidak ada lagi bagusnya, bahkan ada badan jalan yang sudah jadi kolam dan tidak bisa lagi disebut jalan” kata Zulkaidi.

Dielaskan Zulkaidi, Karena jalan ini merupakan satu-satunya akses dari dan menuju desa-desa dalam wilayah kecamatan Pinang Belapis, dan sangat vital bagi mobilitas orang dan barang. Para Kepala Desa di wilayah itu,meminta kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu, agar jalan ini secepatnya diperbaiki.(jmd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *