Inovatif, Kelompok Tani Perintis Jaya Hasilkan Pakan Fermentasi Untuk Sapi

oleh -115 views

Berandapublik.com – Kelompok Tani Perintis Jaya, Desa Pandan Sejahtera Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi, berhasil membuat pakan fermentasi untuk hewan ternak sapi.

Pakan fermentasi itu, berbahan dasar dari tumbuhan yang ada disekitaran rumah. Seperti pakis-pakisan, pelepah sawit dan hijauan rumput lainnya.

“Kita juga bisa membuat garam blok mineral, yang kegunaanya untuk menambah mineral ternak sapi,” kata Ketua Kelompok Tani Perintis Jaya, Edi Suwarno kepada awak media di kediamannya, Minggu (13/11/2022).

Keberhasilan Kelompok Tani Perintis Jaya dalam pembuatan pakan fermentasi tersebut, sambung Edi, lantaran didampingi oleh Yayasan Agri Muda Swasembada mitra dari Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM)

“Mereka mendampingi, melatih, dan tenaganya oke-oke, pintar-pintar mereka,” sebut Edi.

Kata Edi, terdapat perbedaan pakan fermentasi dengan pakan ternak biasa (yang tidak difermentasi, red). Yang jelas pakan fermentasi sudah terukur nutrisinya.

“Jadi kebutuhan hewan ternak sudah terukur pada pakan fermentasi itu,” kata Edi lagi.

Edi menjelaskan, walaupun saat ini pakan fermentasi yang dihasilkan hanya dipakai untuk anggota Kelompok Tani Perintis Jaya yang berjumlah 30 orang. Namun tidak menutup diri untuk masyarakat lainnya yang ingin mengetahui tentang cara pembuatan pakan fermentasi tersebut.

“Kami mengajak anggota kami semuanya agar ilmu ini (pembuatan pakan fermentasi, red) diserap oleh masyarakat. Nanti, seandainya masyarakat mau, itu mereka sudah bisa buat sendiri.” pungkas Edi (pbp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.