HUT Ke-17 Mukomuko, Bupati Sampaikan Indeks Pembangunan Manusia Terus Membaik

oleh -28 views

Berandapublik.com – Upacara Hari jadi Kabupaten Mukomuko ke-19 tahun 2022 dilaksanakan secara sederhana dan khidmat.

Dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 upacara ini dilaksanakan di Lapangan Pemerintah Kabupaten Mukomuko. Jum’at (25/02/22).

H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA sebagai inspektur upacara peringatan hari jadi Kabupaten Mukomuko ke-19 tahun 2022, bertempat di halaman kantor Bupati Mukomuko.

Peringatan hari jadi Kabupaten Mukomuko ke-19 tahun 2022 mengangkat tema “Bebaskan dari COVID-19 bersinergi untuk perubahan menuju masyarakat Mukomuko sehat dan maju” menggambarkan visi dan misi pemerintah daerah dalam gerakan membangun Mukomuko menuju kejayaan dengan kerja nyata dan ikhlas.

Dalam pidatonya, Bupati Sapuan menyampaikan situasi terkini kabupaten Mukomuko dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Pemerintah Kabupaten Mukomuko terus berupaya agar penanganan kesehatan dan perbaikan ekonomi masyarakat dapat sama-sama berjalan dengan optimal. Karena itu, beberapa sektor seperti pariwisata, perhubungan, UMKM dan sektor pendukung ekonomi lainnya secara perlahan dibuka. Semuanya harus benar-benar beriringan dengan penerapan protokol kesehatan,” kata Sapuan.

Pada kesempatan itu, Sapuan juga menyampakan beberapa capaian dalam satu tahun terakhir masa pemerintahannya. “Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terus membaik,” tambah Sapuan

Menurut Sapuan, Sektor kesehatan juga mengalami perbaikan yang signifikan. Salah satunya semakin banyaknya lembaga layanan kesehatan di Kabupaten Mukomuko.

“Tingkat konektifitas jalan kabupaten juga semakin meningkat , inovasi berbasis digital juga terus dilakukan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mempermudah layanan kepada masyarakat,” Jelas Sapuan.

Pada tahun 2020, tambah Sapuan, karena pandemi Covid-19, Mukomuko dan Indonesia secara umum telah mengalami hantaman yang cukup besar. Kesiapsiagaan sektor kesehatan telah diuji, begitu pula pada sektor ekonomi, pendidikan dan sosial.

“Mari kita sama-sama berdoa agar Mukomuko yang kita cintai dapat segera terbebas dari wabah ini. Kado terbaik yang dapat bapak ibu saudara berikan pada HUT ke 19 Mukomuko sesungguhnya adalah kepatuhan untuk melaksanakan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” ajak Sapuan.

Selain itu, Kata Sapuan, peringatan hari jadi Kabupaten Mukomuko penting dilaksanakan setiap tahun, merupakan salah satu upaya untuk terus dapat mengingat sejarah perjuangan para leluhur.
Dengan memahami sejarah maka seluruh masyarakat akan mengetahui siapa dan apa yang menjadi tujuan kedepannya.

Peringatan hari jadi ke-19 Kabupaten Mukomuko bertepatan pula dengan setahun kepemimpinan Bupati Sapuan bersama Wabup Wasri.

Berbagai program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat telah dilaksanakan. Selain infrastruktur, bidang kesehatan dan pendidikan, juga pembangunan berbasis desa, perluasan kesempatan kerja, peningkatan UMKM penanggulangan kemiskinan, pendidikan yang berkualitas, program pembangunan kesehatan dan sebagainya.

“Kami menyadari untuk melaksanakan semua program tersebut secara maksimal masih perlu perjuangan, kerja keras dan dukungan semua pihak. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat dapat bersama-sama bergotong-royong memajukan Kabupaten Mukomuko yang lebih baik dan sejahtera sesuai tema peringatan Hari Jadi Kabupaten Mukomuko ke-19 tahun 2022 yang mengusung tema ‘bebaskan dari COVID-19 bersinergi untuk perubahan menuju masyarakat Mukomuko sehat dan maju,” papar Sapuan.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko sudah membuat sejumlah kebijakan menyusul rencana hidup newnormal pasca pandemi Covid-19 dengan giat melakukan vaksinasi massal.

Secara ringkas Bupati menyampaikan visi – misi Kabupaten Mukomuko dimasa kepemimpinan Sapuan-Wasri dengan “Menjadikan Mukomuko yang maju, adil, makmur, dan mandiri”. Untuk mewujudkan visi tersebut misi adalah mewujudkan Mukomuko sebagai barometer pelayanan publik dengan membangun sistem integritas birokrasi yang profesional, bersih, partisipatif, inovatif dan bermartabat, meningkatkan kualitas hidup warga melalui pemenuhan kebutuhan dan layanan dasar pendidikan dan kesehatan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing daerah berkualitas, berkeadilan dan berkelanjutan. Mewujudkan Mukomuko sebagai kabupaten pelopor kedaulatan pangan, menciptakan iklim investasi yang berorientasi perluasan kesempatan kerja yang berbasis potensi lokal dan ramah lingkungan, meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur dasar yang merata dan memadai sebagai daya ungkit pembangunan, mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan industri kerakyatan, pariwisata dan industri kreatif berbasis sumber daya lokal; dan mewujudkan tatanan masyarakat yang berbudaya serta berkepribadian dengan menjunjung tinggi nilai nasionalisme dan religiusitas.

Mempercepat pencapaian visi misi, Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko merencanakan program-program yang sangat prioritas , yaitu Mukomuko maju, mandiri berkarakter dan sejahtera, berbasis agro, perikanan dan berilmu pengetahuan dan teknologi serta beriman dan bertaqwa. Barometer pelayanan publik Mukomuko, Pendidikan dan kesehatan, Pengembangan agrobisnis unggulan, Mukomuko pelopor kedaulatan pangan, memperluas kesempatan kerja, Pembangunan infrastruktur merata dan memadai, menggerakan industri kerakyatan, pariwisata perdesaan, industri kreatif; dan gerakan memakmurkan tempat ibadah.

Hadir pelaksanaan upacara HUT Kab. Mukomuko, Gubernur Bengkulu diwakili Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Jaduliwan, SR, M Si, Wakil Bupati Mukomuko Wasri, Unsur pimpinan DPRD Mukomuko. Forkopimda, Bupati dan pimpinan DPRD se Provinsi Bengkulu atau yang mewakili dan diikuti oleh perwakilan OPD. Ketua TP PKK Mukomuko, Ketua Dharma Wanita, Ketua IKBD, Ketua Bhayangkari, Persit Kartika Candra Kirana dan Dharma Yukti Karini. Dan sejumlah tokoh presidium pemekaran dan tokoh masyarakat.(Adv/mag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.