Horeee, Warga Sungai Lisai dan Sebelat Ulu Sudah Bisa Akses Internet

oleh -124 Dilihat

Berandapublik.com – warga Desa Sungai Lisai dan Sebelat Ulu, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong, sudah bisa menikmati fasilitas jaringan dan internet.

Kabar gembira ini diketahu, setelah Bupati Lebong, Kopli Ansori launching secara resmi jaringan internet layanan Mangoesky.

Acara launching dipusatkan di Desa Sebelat Ulu Kecamatan Pinang Belapis, yang dihadiri Kadis Kominfo SP Lebong, Saprul, Kades Sebelat Ulu Buhari, Pemdes Sungai Lisai, dan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab Lebong. Selasa (27/12).

Kadis Kominfo SP Lebong, Saprul mengatakan, fasilitas jaringan dan internet ini digagas oleh Sekretaris Dinas Kominfo SP, Danial Paripurna pada bulan Agustus lalu sebelum dia dilantik sebagai Kadis Definitif.

“Sistem kerja signalnya berupa penembak sinyal seperti alat menyerupai parabola. Lokasi alatnya di rumah Pak Kades Sebelat Ulu. Begitu juga di Desa Sungai Lisai,” kata Saprul.

Kegiatan tersebut berupa pemasangan satelit produk Telkomsat dengan brand Mangoesky di daerah blankspot di dalam Taman Nasional Kerinci Sebelat. Terdapat dua titik satelit yang dipasang, yaitu di Desa Sebelat Ulu dan Desa Sungai Lisai, Kecamatan Pinang Belapis.

Satelit tersebut mengakomodasi jaringan 4G dengan metode data unlimited dengan radius 30-60 meter dari titik satelit. Saat diujicoba, satelit yang terkoordinasi dengan orbit Merah Putih yang meng-angkasa di atas IKN Kalimantan Timur itu mendapat rating 11 dari 12 dan mampu melayani hingga 25 perangkat mobile sekaligus.

“Ini program Bupati Lebong untuk membebaskan kawasan blank spot. Jadi, radiusnya sekitar 50 Km,” beber Saprul.

Sementara itu, Bupati Lebong, Kopli Ansori menyampaikan terima kasih kepada banyak pihak setelah satelit produk Telkomsat dengan brand Mangoesky, yang merupakan salah satu upaya dari Pemkab Lebong dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang selama ini mengalami kendala signal.

“Pentingnya jaringan ini akan memudahkan anak-anak muda mulai dari belajar, dan bisa mulai menikmati akses internet,” jelas Bupati.

Ia juga meminta semua elemen masyarakat memanfaatkan akses-akses poin secara maksimal terutama dalam kaitannya terhadap kebutuhan pendidikan, kesehatan, dukungan terhadap pariwisata sekaligus mendorong perkembangan sektor perdagangan yang makin terikat dengan jaringan internet.

“Semoga online shopping, marketplace, hingga podcast mulai tumbuh berkembang di Lebong. Namun kami ingatkan seluruh masyarakat pengguna agar bijak menggunakan layanan ini.” Harap Kopli Ansori.

Terpisah, Asisten III Pemkab Lebong, Drs H Dalmuji Suranto juga mengakui, Pemasangan jaringan telekomunikasi 4G berbasis satelit dengan produk mangoesky dari Telkomsat ini digagas oleh Sekretaris Dinas Kominfo SP, Danial Paripurna, SE pada bulan Agustus lalu. Kegiatan itu dijadikan sebagai Aksi Perubahan dalam kegiatan PKA angkatan IV di BPSDM Jawa Barat.

“Kegiatan yang diajukan Saudara Danial ini telah mendapat apresiasi luar biasa, oleh karena originalitas ide, kreatifitas dan manfaatnya untuk masyarakat. Sehingga kegiatan ini masuk listing yang dibukukan oleh BPSDM Jawa Barat. Kami sudah melaporkan hal ini kepada pimpinan,” ungkap Dalmuji Suranto yang merupakan Mentor kegiatan ini.(jms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.