Hari Air Sedunia, BWSS Bengkulu Tanam Pohon di Mukomuko

oleh -85 views

Berandapublik.com – Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia. Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VII Bengkulu, tanam bibit pohon buah-buahan sebagai program penghijauan di Kabupaten Mukomuko.

Ada dua tempat yang dijadikan sasaran penanaman, yaiu di Bendungan Air Manjunto dan lokasi obyek wisata Danau Nibung. Rabu, 9/3/22

Hal ini dibenarkan Kasubag Umum dan Tata Usaha BWSS VII Bengkulu, Deky Agus Prawira, ST, MM didampingi Kasi OP BWSS VII, Budi Raharjo, ST, M Si ketika dikonfirmasi, Rabu (9/3) siang.

Ia menjelaskan, ada tiga jenis bibit pohon buah-buahan yang ditanam, diantaranya Durian, Matoa, dan Kelengkeng dengan jumlah sekitar 500 batang.

“Benar, dalam rangka memperingati hari air sedunia yang puncaknya pada tanggal 22 Maret nanti, kami isi dengan kegiatan tanam pohon buah-buahan di Kabupaten Mukomuko. Dan kegiatan ini juga sudah kami lakukan di Bengkulu Utara,” tegas Deky.

Untuk program tanam pohon di wilayah ini, sambung Deky, akan terus dilaksanakan dengan agenda-agenda hari besar lainnya. Bukan hanya agenda hari air sedunia, tetapi hari besar perumahan, hari Bhakti PU termasuk program rutin BWSS VII Bengkulu. BWSS VII Bengkulu terus menggerakkan program penghijauan, lantaran manfaatnya sangat besar sekali. Diantaranya untuk mewujudkan udara yang segar, mencegah terjadinya bencana alam, mengurangi paparan sinar UV, mengurangi dampak perubahan iklim, menjaga populasi makluk hidup, termasuk juga untuk menjaga kestabilan air.

“Dan tidak kalah pentingnya lagi, jika pohon yang sudah ditanam itu sudah berbuah, hasilnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Kami tidak akan minta buah itu. Namun kami hanya meminta, jaga dan rawat tanaman itu dengan baik,” pesan Deky.

Sementara itu Wakil Bupati (Wabup) Mukomuko, Wasri ketika dikonfirmasi sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan yang digerakkan oleh BWSS VII Bengkulu di Kabupaten Mukomuko.

Wabup menyampaikan, gerakan penghijauan tersebut menjadi motivasi bagi Pemkab Mukomuko dan masyarakat akan pentingnya lingkungan yang hijau. Kedepanya, pihaknya juga akan menggerakkan masing-masing OPD tanam pohon buah-buahan minimalnya di lingkungan kantor dan lingkungan pekarangan rumah.

“Karena daerah kita ini sudah panas akibat kurangnya penghijaun. Mudah–mudahan saja program ini terus berjalan dengan baik. Dan kami sangat berterimakasih kepada BWSS VII Bengkulu yang sudah melaksanakan penghijauan di Kabupaten Mukomuko khususnya di sepadan daerah aliran sungai,” kata Wabup.(rto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.