Harga TBS Sawit Meroket, Warga Sabak Barat Diresahkan Pemanen Gelap

oleh -362 views

Berandapublik.com – Petani Sawit Resah Pasca meroketnya harga Tandan Buah Segar (TBS) di beberapa Ram Penimbangan dan Pabrik Pengelolahan CPO di Propinsi Jambi.

Naiknya harga TBS di kalangan petani sawit, menjadi suatu kabar yang menyenangkan, berdampak pada perekonomian masyarakat yang mulai membaik.

Namun ada hal yang meresahkan dikalangan petani sawit di Sabak Barat. Dengan naiknya harga TBS Sawit, terjadi maraknya pemanen gelap dan pencurian sawit yang sudah dipanenkan.

Salah satu warga Teluk Dawan yang tidak mau disebut namanya kepada awak media mengatakan, TBS Sawit hilang mulai dari tumpukan di Pingir-pingir jalan tempat loading pemuatan.

“Yang lebih parah lagi, TBS ada yang hilang di batang. Pencuri sangat Jeli memanen buah Sawit yang masi berada di batangnya,” kata Sumber. Selasa (9/11/2021)

Menurut dia, dugaan pencurian ini sering terjadi di Sore bahkan malam hari, Saat pemilik kebun Sedang Berada di rumah,

Hal senada diungkap Safaruddin, Warga Kelurahan Parit Culum 1 Kecamatan Muara Sabak Barat, ketika ditemui awak media berandapublik.com. mengatakan, Dia juga salah satu korban dari pemanen gelap.

Dia menceritakan kronologis pencurian tersebut. Sebelumnya sekira pukul 14.00 WIB Senin Kemarin, Safaruddi masih berada di Kebun. Tampak buah Sawit masih berada di pohonnya. Keesokan harinya Selasa pagi sekitar pukul 07.00 Dia ke kebun bermaksud memanen buah sawit tersebut, namun buah sawit di pohonnya sudah tidak ada lagi. Tingal bekas tandan yang masih tersisa.

“dugaan saya, orang yang pernah bekerja di kebun ini. Penampungnyapun saya sudah tahu, tapi belum cukup bukti yang kuat untuk melapor ke pihak yang berwajib.” tutup Safarudin.(arf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.