Dua Jenis Satwa Dilindungi, Disita Polres Mukomuko

oleh -204 views

Berandapublik.com – Tiga ekor burung yang dilindungi dan keberadaannya hampir punah disita Polres Mukomuko
Polda Bengkulu.

Bukan hanya itu, Polres juga mengamankan seorang warga Desa Lubuk Sanai dan seorang warga Desa Sumber Makmur yang memiliki dan menguasai satwa itu.

Saat menggelar jumpa pers, Kapolres Mukomuko AKBP Witdiardi menjelaskan, kegiatan Personel dalam Operasi Wanalaga telah menyita tiga ekor burung dilindungi. Kedua jenis burung itu yakni dua ekor budbud/Tokhtor Sumatera (Carpococcyx viridis) dan satu ekor burung elang hitam (Ictinaetus malaiensis). Jum’at, (27/08/2021)

Suber foto : Humas Polda Bengkulu

Penyitaan ini berdasarkan laporan dari warga setempat yang mengetahui ada warga yang memelihara satwa yang dilindungi. Kemudian personel Operasi Wanalaga kepolisian resor setempat mendatangi dua tempat kejadian peristiwa dan menemukan ada tiga ekor burung yang dilindungi dipelihara oleh warga.

“Kalau berdasarkan keterangan keduanya, mereka mendapat burung tersebut di kebunnya dan mereka tidak membeli dari orang lain atau melakukan transaksi satwa dilindungi,” ujar Kapolres.

Pihak Polres melakukan pembinaan terhadap dua orang warga ini, dan membuat surat pernyataan untuk tidak memiliki dan memelihara satwa yang dilindungi. Karena tindakan memelihara dan memiliki satwa dilindungi tersebut melanggar Pasal 40 ayat 2 jo 21 ayat 2a Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.(mag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.