DPRD Seluma Setuju, Raperda PPHMA Seluma Jadi Perda

oleh -85 views

Berandapublik.com – Rapat Paripurna DPRD Seluma, mengesahkan perubahan Raperda nomor 03 Tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Seluma, dan Raperda pengakuan dan perlindungan masyarakat adat.

Rapat Paripurna dipimpin oleh waka 1 DPRD Seluma, Sugeng Zonrio, dihadiri Wakil Bupati Gustianto dan segenap unsur dari Forkompinda Seluma. Senin, 25 Oktober 2021.

Dari pandangan umum 7 fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Seluma, perubahan Raperda nomor 03 Tahun 2017
tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Seluma, dan Raperda PPHMA ini, menyatakan setuju untuk dijadikan perda.

Wakil Bupati Gustianto menyampaikan, raperda PPHMA merupakan salah satu bentuk pemenuhan kewajiban negara untuk mewujudkan keadilan, kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia dengan berdasarkan Pancasila.

“Bahwasanya di wilayah Kabupaten Seluma masih erat satu kesatuan masyarakat adat, berdasarkan dengan kesamaan biologis dan masih mempertahankan nilai-nilai penataan ekonomi, politik, budaya dalam pergaulan sosial, namun belum diakui dan ditetapkan kepastian hukumnya berdasarkan perundang-undangan,” kata Gustianto.

Oleh karena itu, menurut Gustianto, Pemda Kabupaten Seluma mengusulkan raperda untuk dijadikan Perda perlindungan dan pengakuan masyarakat adat di kabupaten seluma.

Selain itu, untuk Raperda nomor 06 Tahun 2011 tentang retribusi jasa umum pihak legislatif akan melakukan pembahasan lebih lanjut.

“Untuk Raperda nomor 06 Tahun 2011 akan dikaji ulang dan akan dibahas lebih lanjut, secara detail dan mendalam. karena Raperda ini berkaitan dengan retribusi Daerah yang berdampak langsung kepada masyarakat Kabupaten Seluma,” tutup Gustianto.(adv/dap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.