DPRD Mukomuko Setujui Raperda Tahun Anggaran 2021, Jadi Perda

oleh -30 views

Berandapublik.com – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mukomuko membahas pengambilan keputusan terhadap raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021

Rapat Paripurna ini diselenggarakan di Ruang Sidang Paripurna DPRD Mukomuko. Selasa, 12/7/2022.

Setelah mendengar Laporan Badan Anggaran (Banggar) mengenai proses Pembahasan, pendapat fraksi dan hasil pembahasan terhadap raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Mukomuko tahun anggaran 2021 yang telah dilaksanakan antara Badan Anggaran DPRD bersama Tim Badan Anggaran Pemerintah Daerah, seluruh anggota DPRD Mukomuko menyetujui Raperda yang dibahas dijadikan Perda.

Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko, M. Ali Saftaini, SE menyampaikan, DPRD mengapresiasi kinerja keuangan Pemerintah Kabupaten Mukomuko atas tercapainya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Pencapaian ini harus dapat meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Mukomuko untuk lebih baik kedepannya khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah.

” Harapannya, dari pertanggungjawaban ini bisa diambil evaluasi-evaluasi, yang nantinya bisa menjadi dasar penentuan kebijakan kedepan khususnya dalam mekanisme penganggaran dan sasaran program kegiatan. Sehingga nantinya kinerja Pemkab Mukomuko bisa menjadi lebih baik lagi,” tegas M. Ali Syaftaini.

Selain itu, M Ali Saftaini, SE mengatakan, Badan Anggaran DPRD Kabupaten Mukomuko memberikan beberapa masukan dan saran kepada Pemkab Mukomuko agar lebih mengoptimalkan sumber – sumber pendapatan daerah dan inventarisasi potensi pendapatan asli daerah (PAD) yang belum maksimal. Salah satunya retribusi daerah.

Terjadinya Silpa yang masih besar, diharapkan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat yang menjadi prioritas. Misalnya di bidang pendidikan dan kesehatan, sehingga silpa bisa berdayaguna dan bermanfaat bagi masyarakat Mukomuko.

” Pemerintah daerah diharapkan mempercepat penerapan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, memperbaiki pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih efisien, transparan dan akuntabel yang akhirnya bisa meningkatkan PAD,” kata Ali Syaftaini.

M. Ali Saftaini juga mengatakan DPRD Mukomuko, yang memberikan usulan dan rekomendasi untuk kinerja Pemkab Mukomuko. Agar dapat mem-balance-kan neraca APBD Kabupaten Mukomuko yang tentu harus disikapi

“Agar kedepan APBD Kabupaten Mukomuko bisa lebih baik. Sehingga anggaran yang diberikan untuk program kegiatan bisa lebih besar, karena posturnya lebih baik dan manfaat yang diterima masyarakat juga bisa lebih baik. Kami meminta doa kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mukomuko supaya jajaran DPRD dan Pemkab bisa bersama-sama menyelenggarakan pemerintahan yang lebih baik. Sehingga manfaat yang diterima masyarakat juga akan semakin baik,” harap Ali Saftaini.

Sementara Bupati Mukomuko, Sapuan dalam sambutannya mengatakan, persetujuan bersama DPRD merupakan rangkaian akhir dari pembahasan terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2021, yang merupakan siklus akhir tahunan dalam proses tata kelola pemerintahan.

“dengan disetujuinya bersama penetapan Raperda menjadi perda tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2021 merupakan rangkaian akhir pembahasan,” kata Sapuan.

Sapuan menjelaskan, Persetujuan bersama akan dijadikan dasar untuk menyusun Peraturan Daerah (Perda) tentang Penjabaran Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2021. Akan tetapi sebelumnya, raperda tersebut akan terlebih dahulu disampaikan kepada Gubernur paling lama 3 hari setelah adanya persetujuan bersama.

lebih lanjut Sapuan mengucap syukur, bahwa Raperda Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Mukomuko Tahun Anggaran 2021 yang diajukan Pemerintah Kabupaten Mukomuko telah dilakukan pembahasan bersama antara eksekutif dengan legislatif hingga pada hari ini mendapatkan persetujuan dari DPRD.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Mukomuko yang telah mencurahkan tenaga, waktu, dan pikiran dalam rangka pembahasan Raperda ini ,” ucap Sapuan.

Sapuan berharap, kerjasama yang telah terjalin selama ini akan terus berlanjut di masa-masa yang akan datang. Ia meminta kepada seluruh OPD untuk memperhatikan dan menindaklanjuti sumbang saran, pendapat, maupun rekomendasi yang disampaikan oleh segenap anggota DPRD Kabupaten Mukomuko.

Rapat paripurna tersebutbdihadiri Forkopimda, Para Kepala OPD, Anggota DPRD Mukomuko, perwakilan Polres Mukomuko serta pejabat penting lainnya.(mag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.