DPD PPUAD Provinsi Bengkulu, Mengikuti Pelatihan Bahasa Isyarat

oleh -81 views

Berandapublik.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pusat Pemilihan Umum Ases Disabilitae (PPUAD) Provinsi Bengkulu, mengikuti kegiatan belajar bahasa isyarat yang digelar MMI Bengkulu.

Kegiatan ini dilaksanakan secara gratis diikuti sebanyak 25 peserta di depan kantor sekretariat Mitra Masyarakat Inklusif (MMI) di jalan Indragiri 12 A Padang Harapan Kota Bengkulu. Sabtu, (15/10/22).

Ketus DPD PPUAD Provinsi Bengkulu, Takrim Nusarto didampingi Rachmad Istari
ketika ditemui awak media di sekretariat MMI Provinsi Bengkulu mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh bahasa isyarat yang terkadang menjadi kendala berkomunikasi kepada penyandang tuna rungu.

” belajar bahasa isyarat ini gratis. tujuannya untuk mengetahui tata cara, maksud dan tujuan ketika berkomunikasi kepada penyandang tuna rungu,” kata Takrim.

Lebih jauh kepada awak media berandapublik.com Takrim menjelaskan, DPD PPUAD Provinsi Bengkulu berdiri tahun 2013 yang lalu. Sejak berdiri hingga tahun 2021, sempat pakum. Sehingga dilaksanakan pemilihan pengurus baru periode 2021-2026 secara resmi dilantik oleh Ariani Soekanwo, Ketua Umum PPUAD Pusat tanggal 24 Februari 2022 di Gedung Pola Pemda Provinsi Bengkulu, dihadiri Komisioner KPU Provinsi, Bawaslu Provinsi dan Kota Bengkulu, PoldaBengkulu, Kadis Kesbanpol dan Kepala Dinas Sosial serta orgenisasi-organisasi Disabilitas Se-Kota Bengkulu.

Diakui Takrim Nusarto, kegiatan pengukuhan pengurus DPD PPUAD ini dibantu oleh relawan dari Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Politik Universitas Bengkulu.

Ketika ditanya awak media, apa tujuan pembentukan PPUAD yang notabene hanya untuk penyandang disabilitas di Provinsi Bengkulu. Takrim menjelaskan,

” tujuan dibentuknya PPUAD adalah sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi para penyandang disabilitas. Tentang isu hak sipil dan politik untuk dipilih, hak memilih dan hak untuk menyadi penyelengara pemilu,” ucap Takrim.

Adapun Visi dan Misi DPD PPUAD ini menurut Takrim Nusarto ialah Terselengaranya pemilihan umum yang aksesibel dan non diskriminatif, sehingga menjamin penyandang disabilitas dapat secara Langsung, Umum, Bebas, Rahasia dan mandiri menyalurkan aspirasi politik. Yakni :

  1. Adanya persamaan hak dan kesetaraan perlakuan bagi penyandang disabilitas dalam menyampaikan hak politik untuk memilih, dipilih dan menjadi penyelengara pemilu.
  2. Terciptanya kesadaran dan pemahaman serta realisasi pengambil kebijakan akan pentingnya perlindungan dan pemenuhan HAM bagi penyandang disabilitas.
  3. Terwujudnya produk undang-undang dan kebijakan lain bidang politik dan hukum yang memberikan peluang bagi terpenuhinya kesamaan hak antara kelompok penyandang disabilitas dan non disabilitas.

Secara rinci Takrim Nusarto menjelaskan, jumlah pengurus DPD PPUAD Provinsi Bengkulu sebanyak 27 orang, Sebagai Ketua Umum Takrim Nusarto, Ketua 1 Arpan A.MD, Ketua II Soy Pray, Sekretaris Umum Rachmad Istari dan Bendahara Dian Febrianti

Untuk diketahui, sekretariat PPUAD provinsi Bengkulu, di Jalan WR Supratman Gang SDN 71 No. 44 RT/RW ; 016/004 Kelurahan Pematang Gubernur, Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu.(sum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.