Dinkes Lebong Tahun 2023, Tingkatkan Sapras untuk Puskesmas dan Alkes Untuk RSUD

oleh -188 Dilihat
oleh

Berandapublik.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong, tahun ini akan memprioritaskan pemenuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat di Puskesmas maupun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman menyebutkan, tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yang fokus pada pembangunan infrastruktur. Pada tahun 2023 ini Dinkes memfokuskan menyediakan Sarana, Prasarana (Sapras) dan Alat Kesehatan (Alkes).

“Kalau tahun ini program kita tetap melanjutkan program rutin, yakni memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Nah, pelayanan ini tentu kita akan memaksimalkan untuk sarana dan prasarana dan alat kesehatan,” ujar Rachman, Kamis (16/2).

Menurutnya, ada dua sumber pembiayaan tahun 2023 ini. Pertama Dana Alokasi Khusus (DAK) akan difokuskan untuk penyediaan di Puskesmas dengan pagu Rp 3,5 Miliar. Sedangkan, untuk RSUD Lebong pembiayaannya bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dengan total pagu mencapai Rp 4,5 Miliar.

“Jadi, ada dua sumber. DAK untuk khusus puskesmas dan untuk RSUD DAU. Sistem belanjanya nanti menggunakan sistem e-katalog,” jelas Rachman.

Adapun untuk belanja di Puskesmas, yakni meliputi Alat Kesehatan (Alkes), Penunjang Medik Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Sanitarian Kit, Set Gawat Darurat, Set KIA, KB Set Pasca Persalinan, Set Sterilisasi, dan Set Rawat Inap.

Belanja SPA di RSUD akan diprioritaskan untuk alat THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan), alat NICU PICU, alat rawat jalan, hingga alat rawat inap.

“Kita contohkan di RSUD. Dokter spesialisnya sudah ada. Akan tetapi alat THT nya tidak ada. Makanya, kita prioritaskan alatnya sebagai pelengkap pelayanan kesehatan disana.” pungkas Rachman.(jmd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *