Dimediasi Beberapa Pihak, Kisruh Pilkades Pandan Lagan Berakhir Damai

oleh -155 views

Berandapublik.com – Pilkades Pandan Lagan sempat terjadi kisruh, namun akhirnya perselisihan itu dapat dilakukan mediasi, berkahir dengan damai.

Pemilihan Kepala Desa Pandan Lagan Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2022 beberapa waktu lalu, menyisahkan permasalahan dari beberapa calon. Diantara pemasalahan itu berhembus isue Money Politik yang akhirnya dapat diurai menjadi sebuah perdamaian antar calon dan kepala desa terpilih.

Hal tersebut disampaikan oleh Camat Geragai, Iduar Aidi, kepada awak media berandapublik.com di ruang kerjanya. Selasa (25/10/2022).

Ia mengatakan, pihaknya bersama Kapolsek Geragai, Iptu Wahyu Seno Jatmiko, berinisiatif melakukan mediasi antara para pihak yang berselisih.

“Kita bersama-sama dengan Kapolsek berinisiatif mediasi. Dimana-mana, perkara itukan mediasi yang diutamakan. Alhamdulillah ketemu titik terang, damai,” kata Iduar.

Pihak penggugat (Cakades nomor urut 3, Muhammad, red) kata Iduar, berdamai dengan mengajukan persyaratan. Sementara, tergugat (Cakades nomor urut 4, Alfiana Ijriati, red) dengan persyaratan yang masuk akal setuju akan persyaratan itu.

“Poin-poin yang dipinta, pertama tidak ada diskriminasi, jadi antara yang menang dan kalah tetap warganya yang menang. Kedua pembangunan merata, karena semuanya memang tanggung jawab kepala desa. Kemudian ada beberapa pembangunan kades incumben yang tertunda, mohon dijadikan prioritas,” terang Iduar.

“Jadi permintaannya itu memang betul-betul wajar, saya setuju,” timpalnya.

Iduar juga menjelaskan, sedikit permasalahan yang notabene catatan dari pihak-pihak yang berselisih berkaitan dengan dugaan money politik. Ternyata setelah mediasi, permasalahannya hanya karena salah paham.

“Sebenarnya kalau kita pelajari dengan baik, sulit dibuktikan juga, karena yang namanya money politik itu pelanggaran. Pelanggaran yang bisa kita jatuhkan hukumnya kan sifatnya terstruktur, sistematis, massif,” jelas Iduar.

Menurut Iduar, yang namanya pendukung yang kalah kecil hati, yang menang merasa jumawa ngomong sembarangan, yang kalah tersinggung. Jadi ada bahasa dari tim pemenang yang menyakiti tim penggugat. Dengan demikian, sambung Iduar, saat ini para pihak yang berselisih telah legowo dan sudah sama-sama bertujuan membangun desa.

“Saya berharap yang menang jalankan tugas dengan baik dan yang kalah bantu yang menang. Karena untuk membangun itu tidak harus kepala desa saja, masyarakat biasa pun bisa membangun dengan menciptakan stabilitas di tengah-tengah masyarakat,” harap Iduar.

Diketahui dari data yang dihimpun berandapublik.com, pada pilkades serentak di Desa Pandan Lagan, Tanjung Jabung Timur pada tanggal 12 Oktober 2022 lalu, dimenangkan oleh Cakades nomor urut 4 dengan memperoleh suara sebanyak 504, sedangkan Cakades nomor urut 3 memperoleh 422 suara.(pbp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.