Diduga Tercemar, Anak Sungai di Lagan Ulu Berbau Busuk.

oleh -139 Dilihat
oleh

Banyak Ikan Yang Mati

Berandapublik.com – Salah satu anak Sungai di Dusun Geragai Desa Lagan Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi mengeluarkan aroma busuk.

Munculnya bau busuk yang berasal dari anak Sungai ini disebabkan oleh ikan yang mati dan mengambang. diduga air sungai tercemar.

Hal ini disampaikan oleh warga RT 18 Dusun Geragai Desa Lagan Ulu, Syarif Hidayat (31) kepada awak media, Senin (20/11/2023)kemarin.

Ia mengatakan, bau busuk dari anak sungai tercium mulai 2 hari yang lalu, namun ikan-ikan yang mati mulai timbul pada hari ini Senin.

“Baunya pas sudah hujan lebat hari kamis itu, hari ini sudah timbul-timbul ikannya. mati kayaknya hari Sabtu Minggulah ikannya,” kata Syarif melalui pesan Whatsapp.

“Dari Sabtu lah mulai bau, 2 hari ini yang parah bau nya,” timpalnya.

Menurut Syarif, ikan-ikan yang mati tersebut karena air sungai berbau busuk seperti tercemar limbah, namun Ia hanya beranggapan saja, kebenaran asal-muasal sungai menjadi bau dan ikan-ikan mati belum diketahui bersumber dari mana.

“Kayaknya limbah, tapi tak tahu sumber pastinya,” ungkap Syarif.

Walaupun demikian, sambung Syarif, beberapa warga mengumpulkan ikan-ikan itu untuk dikonsumsi, tetapi tidak semua yang bisa diambil, karena ikan sudah busuk.

“Kalau beracun nampaknya tidak. Banyak juga yang sudah busuk benar, tidak diambil,” jelasnya dengan bahasa melayu Jambi.

Lebih lanjut Syarif mengatakan, air sungai itu masih digunakan sebagian warga untuk mencuci baju dan mencuci piring. Kemudian, kejadian seperti ini, kata Syarif bukan yang pertama, sudah kedua kalinya terjadi.

” Ini kali kedua ikan mati nih, yang pertama sudah lama, tahun kemarin kalau tidak salah. Tapi bulan berapa sudah lupa.” pungkas Syarif. (bpb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *