Dana Desa Untuk BLT Tahun 2023, Dari 40 Persen Turun Jadi 25 Persen

oleh -53 Dilihat
Foto : Kabid PMD Kab. Lebong, Herru Dana Putra

Berandapublik.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lebong, telah menetapkan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2023.

Dana Desa (DD) 2023 masih akan difokuskan untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Tetapi, untuk tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Bedanya, jika tahun sebelumnya pagu DD sebesar 40 persen, tahun ini diturunkan menjadi maksimal 25 persen. Sebagaimana Peraturan Menteri Keuangan nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Kepala Dinas (Kadis) PMD Kabupaten Lebong, Reko Haryanto melalui Kepala Bidang (Kabid) PMD Herru Dana Putra menjelaskan, tahun 2023 ini secara pemanfaatan DD lebih difokuskan untuk pemulihan ekonomi.

“Pihak desa harus melakukan penyesuaian APBDes lagi, karena ada terbit PMK. Dalam ketentuan itu, diatur program yang wajib dianggarkan. Salah satunya BLT DD. Dianggarkan sebesar 25 persen dari total pagu,” ungkap Herru. Senin (16/1).

Dia menegaskan, tidak ada presentase yang ditetapkan untuk program lainnya. Namun, selanjutnya program yang dianggarkan untuk ketahanan pangan, peningkatan sumber daya manusia dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, termasuk pembangunan infrastruktur.

“Tidak ada presentase. Hanya melanjutkan program yang sudah dilakukan sebelumnya,” tambah Herru.

Sedangkan untuk presentase Alokasi Dana Desa (ADD) bagi 93 desa di daerah Lebong, disampaikan Heru masih dalam penyusunan.
“Kalau ADD masih dalam penghitungan.” tutup Herru.(jmd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.