Bupati Sesalkan Minimnya Penyaluran CSR Perusahaan, di Bengkulu Selatan

oleh -50 views

Berandapublik.com – Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, sesalkan minimnya realisasi Perda Nomor 01 Tahun 2018 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan atau yang lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat Bengkulu Selatan.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Bumi Sekundang pada acara Diseminasi Perda No 01 Tahun 2018 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan di Bengkulu Selatan di gedung Pola Bappeda – Litbang Bengkulu Selatan. Selasa (28/9).

“Sayangnya rasa tanggung jawab atau CSR ini masih minim diimplementasikan pihak perusahaan. Apalagi selama pandemi Covid-19 ini, tidak ada yang peduli,” sesal Bupati.

Padahal, sambung bupatu, pihak perusahaan juga punya tanggung jawab dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sudah tertuang dalam undang – undang dan dikuatkan lagi oleh perda. Apabila pihak perusahaan turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka, secara tidak langsung meningkatkan daya beli dari masyarakat itu sendiri. Artinya, akan berdampak baik pula bagi perusahaan.

“Pembangunan daerah bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun juga membutuhkan peran dari seluruh elemen masyarakat termasuk dunia usaha. Peranan dunia usaha pun menjadi penting bagi percepatan pembangunan,” jelas Gusnan Mulyadi.

Ditambahkan Gusnan, keberlangsungan usaha dari badan usaha yang ada sangat berhubungan erat dengan lingkungan dan pemerintah. Sangat penting bagi pihak perusahaan untuk menjalin hubungan baik dengan lingkungan dan pemerintah.

“Kami berharap kerjasama dari pihak perusahaan dalam tanggung jawabnya terhadap lingkungan. Dan bagi yang sudah, kami ucapkan terimakasih. Diharapkan agar lebih ditingkatkan lagi,” tutup Bupati.

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip, tidak menampik minimnya implementasi CSR di Bengkulu Selatan yang dilakukan perusahaan atau badan usaha yang ada di Bengkulu Selatan.

“Contohnya, yang melapor serapan dan proses penyaluran CSR kepada kami tahun ini saja hanya dari pihak Bank Bengkulu. Yang lainnya belum melapor. Walaupun, versi mereka (pihak perusahaan-red) sudah menyalurkan, tapi tidak ada laporan resmi. Sungguh disesalkan sekali,” terang Sukarni.

Diakhir acara, bupati Bengkulu Selatan menyerahkan piagam penghargaan kepada pihak Bank Bengkulu, yang diterima langsung oleh Kepala Cabang Bank Bengkulu Manna, Mulkan. Karena sudah berperan aktif dan turut serta dengan pemerintah membangun dan mensejahterakan masyarakat Bengkulu Selatan melalui penyaluran CSR.(ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.