Bupati Bengkayang Hadiri Mediasi Dua Kelompok , Saling Klaim Lahan Garap

oleh -69 Dilihat

Berandapublik.com – Bupati Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat, menghadiri mediasi antara kelompok KMPD dengan warga Tanjung Gundul.

Mediasi yang dihadiri Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, SE, MM ini ialah yang kelima kalinya.

Kali ini, mediasi difasilitasi oleh Akhmadi, Camat Sungai Raya Kepulauan di aula Kantor Camat Sungai Raya Kepulauan. Kamis (11/01/23) lalu.

Mediasi yang kelima ini, membahas Masalah kedua pihak antar kelompok KMPD dan warga Tanjung gundul yang saling klaim lahan garapan.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, SE, MM mengatakan, Kehadirannya, ini ingin mendengar kronologis mana yang benar. Tetapi Bupati minta dalam mediasi ini tidak ada keributan. Jika tidK ada titik temunya, dia memininta untuk diselesaikan di pengadilan.

” saya ingin mendengar langsung kronologis yang mana benar, tapi saya tidak mau sampai ribut-ribut. Karena ini semua adalah warga saya, kalau masih saling ngotot ingin mengklaim maka saya sarankan siapkan berkas masing-masing naik kan ke pengadilan. Karena kita negara konsitusi, negara hukum. Nanti di pengadilanlah baru bisa tahu siapa yang berhak memiliki lahan garap tersebut,” kata Sebastianus Darwis.

Bupati meminta, keduabelah pihak sepakat dan mufakat agar bisa memiliki lahan yang telah diambil pihak lain.

“coba kedua belah pihak ini bersepakat dan bermufakat yang baik agar bisa bersatu merebut lahan garap yang diambil oleh pihak lain yang sudah punya SHM,” ucap Bupati Bengkayang.

Selain Bupati, Kapolsek Sungai Raya Kepulauan, IPDA Romi Maryadi, S. Sos, juga mengatakan, pihaknya sudah sampaikan ada sisi positif dan negatifnya yang kita ambil di dalam kegiatan ini. Tidak ada ketersinggungan, Sebenarnya urusan ini tidak perlu dibawa ke pengadilan

” mediasi itu berhasil ketika kedua belah pihak ada kesepakatan, kalau mau mediasi berkali-kali pun tidak pernah selesai jika masih pada pendirian masing-masing,” ujar Romi Maryadi.

Turut hadir dalam mediasi ini, Kepala Desa karimunting Iskandar, Spd, Sutrisno forkopimda Bengkayang, Lory Kominfo Bengakayang, Ketua kelompok KMPD, koordinator warga Tanjung Gundul Syarif Rahmadi.(adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.