BPBD Lebong, Bakal Bentuk Destana Nangai Amen

oleh -232 Dilihat
oleh

Berandapublik.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, akan membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) pada tahun anggaran (TA) 2023 ini.

Adapun desa yang terpilih ialah Desa Nangai (Muara-red) Amen Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong,

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Lebong, Tantomi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Hendera didampingi Analis Kebencanaan BPBD, Masayu Uminil Hana mengatakan, pembentukan Destana di Desa Nangai Amen lantaran wilayah itu kerap dilanda banjir.

“Karena wilayah ini merupakan rawan banjir, makanya perlu ada Destana,” ungkap Hendra, Jum’at (10/2).

Kata Hendra, sudah ada tiga desa dibentuk Destana. Meliputi, Desa Lemeu Kecamatan Uram Jaya, serta Kutai Donok, dan Desa Suka Sari Kecamatan Lebong Selatan.

“Karena keterbatasan anggaran, makanya dibuat pertahap. Tahun ini Insya Allah Desa Nangai Amen,” imbuh Hendra.

Lebih lanjut Hendra menyampaikan, program desa tangguh bencana atau dikenal dengan Destana, telah dimulai sejak 2012 dan menjadi program prioritas nasional.

Destana yang dibentuk ini diharapkan ikhtiar pemerintah agar masyarakat di desa dan sukarelawan desa tangguh serta tanggap bencana sehingga setiap kejadian bencana bisa langsung ditanggulangi.

“Destana berperan dalam deteksi dini, cegah dini dan lapor dini ketika ada bencana, sehingga terhindar dari korban jiwa dan kerusakan yang lebih besar lagi.” pungkas Hendra.(jmd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *