BPBD Lebong Apel Gelar Pengecekan Kendaraan Siaga Bencana

oleh -140 views

Berandapublik.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong menggelar Apel gabungan pengecekan kendaraan siaga bencana

Dalam rangka memgantisipasi kesiapan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam, BPBD Lebong mengadakan Apel gabungan pengecekan kenderaan di Mapolres Lebong. Jum’at, (21/10/22).

Kepala Pelaksana BPBD Lebong, Tantomi, SP saat apel ini menghimbau kepada masyarakat lebong agar selalu waspada dimusim penghujan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang rawan banjir dan tanah longsor.

Untuk mencegah dampak yang mungkin di timbulkan dari cuaca ekstrim maka perlu dilakukan langkah-langkah kesiapsiagaan seperti monitoring ke lokasi yang berpotensi terjadinya ancaman bencananya cukup besar, ditambah perubahan cuaca sedang terjadi pada saat ini.

Tantomi, Sp mengatakan, Kabupaten Lebong memiliki daerah perbukitan/dataran tinggi dan dataran rendah yang semuanya rentan terhadap bahaya. Seperti tanah longsor, banjir, pohon tumbang, gempa bumi dan ancaman bencana lainnya.

” Belum lepas dari ingatan kita pada beberapa tahun yang lalu, di Kabupaten Lebong mengalami bencana banjir, gempa bumi dan tanah longsor yang mengakibatkan kerugian material dan korban jiwa” kata Tantomi, Sp.

Menurut Tantomi, Sp Apel kesiapansiagaan ini perlu, guna mengetahui kesiapan BPBD Lebong menghadapi kemungkinan bencana alam tersebut

” untuk itulah kitai melaksanakan apel kesiapsiagaan pada hari ini, dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan kita dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam. Baik dari kesiapan personel, sarana prasarana serta dukungan logistik lainnya,” sampai Tantomi SP.

Tantomi, Sp juga menjelaskan, Orientasi pemahaman siklus bencana merupakan satu kesatuan penanganan penanggulangan bencana sehingga dalam pelaksana di tingkat lapangan mengalir sebagai satu kesatuan sistem yang saling berkesinambungan dan bersinergi dari tingkat desa dan provinsi.

” saya mengharapkan agar kita semua dapat memperkuat komitmen dan sinergitas bersama antara pemerintah daerah, TNI, POLRI, Lembaga masyarakat dan perusahaan yang ada di kabupaten Lebong bukan hanya untuk turut serta membantu dalam penanggulangan bencana tetapi juga untuk memajukan Kabupaten Lebong menuju bahagi dan sejahtera,” harap Tantomi.

Ia mengharapkan para personil yang tergabung di BPBD Lebong untuk menjaga kesehatan dan mengajak masyarakat Lebong untuk sama sama berdoa agar kejadian bencana alam tidak terulang lagi di kabupaten lebong.

” Saya mengingatkan kepada kita semua mari kita sama-sama menjaga kesehatan agar di beri perlindungan kelancaran dalam menjalankan tugas, sehingga dapat berjalan baik dan aman serta Kabupaten Lebong dihindarkan dari segala bencana,” tutup Tantomi.

Gelar Apel gabungan ini diikuti personel polres Lebong, Personle TNI, Personel BPBD, Personel TRC-PB BPBD, Personel Dishub, Personel Satpol-PP, Personel Tagana, Personel Senkom, Personel PUPR hub dan personel PMI.(jsp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.