Banjir Bandang di Semelako 1, Merusak Beberapa Titik Infrastruktur

oleh -16 Dilihat

Berandapublik.com – Beberapa ruas jalan di desa Semelako I Kecamatan Lebong Tengah, rusak.

Kerusakan ini akibat terkikis
Banjir Bandang yang menimpa wilayah itu. Selasa (17/1/23) kemarin.

Hujan deras mengguyur Kabupaten Lebong, sejak pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB. Akibatnya, debit aliran sungai Nge’ai naik dan meluap dengan ketinggian mencapai 3 meter, dan merusak infrastruktur di sekitar bantaran sungai.

Camat Lebong Sakti, Gusmawati mengatakan, sejumlah fasilitas umum juga rusak akibat banjir bandang yang melanda.

“Jalan sepanjang 14 meter dengan lebar 2,5 meter di pinggiran sungai rusak parah,” kata Camat, Rabu (18/1).

Menurut Camat, jika tidak segera ditangani ia khawatir jembatan penghubung sekitar lokasi akan putus. Bahkan, areal persawahan milik warga akan tergenang banjir.

“Kalau tidak segera diperbaiki akan mengakibatkan keselamatan warga dan merusak areal sawah yang ada di pinggiran sungai tersebut,” ungkap Gusmawati.

Di tempat terpisah, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Lebong, Tantomi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Hendera menyebutkan, setelah menerima laporan kerusakan akibat banjir bandang tersebut langsung mendatangi lokasi kejadian.

Hendra menjelaskan, bencana alam yang terjadi di Dusun 2 Desa Semelako 1 Kecamatan Lebong Tengah, lebar kerusakan jalan mencapai 3,3 meter dengan panjang 28 meter.

“Permukaan bronjong yang rusak 3,2 meter. Air naik tadi malam sampai 3 meter dari sungai menuju depan rumah warga skitar 3 meter,” Jelas Hendra.(jmd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.