5 Tuntutan Warga Desa Pasar Ketahun Kepada PT Pamorganda

oleh -183 views

Berandapublik.com – Kantor Pusat Perkebunan PT. Pamorganda di Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara digeruduk warga desa Talang Baru. Kamis, 14/7/22 kemarin.

Informmasi yang dihimpun awak media berandapublik.com di lapangan, hal ini dipicu adanya dugaan kesepakat yang dibuat dengan perusahaan Pamorganda tidak sesuai perjanjian, sehingga memancing emosi masyarakat setempat.

Aparat kepolisian meminta untuk diadakannya negosiasi. Dari beberapa perwakilan masyarakat sedang menyampaikan tuntutannya di depan beberapa orang awak media dan aparat kepolisian, tiba tiba suara riuh masyarakat mulai melakukan aksinya.

Amukan warga desa Pasar Ketahun tidak dapat dihindari lagi, meski pihak kepolisian yang berada di lokasi Perusahan tersebut sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah kejadian ini, namun dikarenakan massa yang datang semakin banyak, kejadian tidak dapat dicegah lagi.

Ada beberapa daftar tuntutan yang dibacakan perwakilan masyarakat desa Pasar Ketahun kepada pihak PT. Pamorganda sebelum aksi, yakni :

  1. Kepala desa pasar ketahun harus menyurati Bupati Bengkulu Utara untuk pemukiman masyarakat desa pasar ketahun seluas 50 Ha.
  2. Pengukuran ulang di apdeling 1 karet harus disaksikan dari perwakilan masyarakat. Dan apabila terdapat kelebihan, agar dikembalikan kepada masyarakat. Proses pengukuran dikomunikasikan kembali oleh Pemda Bengkulu Utara ke BPN.
  3. Meminta penjelasan Tentang Konpensasi Rp1.000.000 juta per tahun untuk desa pasar ketahun.
  4. Penjelasan tentang kebun kas desa terkait realisasi penyaluran kepada pihak desa pasar ketahun sesuai surat kesepakatan tuntutan desa pada tahun 2017.
  5. Untuk kegiatan Replanting, agar ditunda terlebih dahulu hingga menunggu hasil pengukuran ulang.

Belum diketahui berapa kerugian yang ditimbulakan akibat insiden ini.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.