4 Tersangka Korupsi Seragam Linmas, Digiring ke Mapolres Mukomuko

oleh -205 views

Berandapublik.com – 4 dari 7 terduga pengadaan seragam linmas pada Tahun Anggara 2020 di salah satu OPD di lingkungan Pemkab Mukomuko, 3 terduga mangkir.

Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Mukomuko telah melakukan penahanan terhadap 4 tersangka yang diduga terlibat tindak pidana korupsi (Tipidkor)atas pengadaan seram linmas tersebut. Selasa, (16/11) sore

Keempat orang yang sudah ditetapkan tersangka dari Kejari yang ditahan yakni inisial KS (PPTK), DP dan SR saat itu berperan sebagai Pokja kegiatan tersebut dan IJ sebagai penyedia. Sedangkan tersangka lainnya inisial AH sebagai PPK, RD anggota Pokja dan J sebagai penyedia.

Kajari Mukomuko, Rudi Iskandar, SH, MH menerangkan, pihaknya sudah memanggil 8 orang saksi Dalam pengadaan seragam linmas tersebut. 7 orang sudah ditetapkan tersangka, 1 orang sebagai saksi.

“Hari ini 8 orang kita panggil sebagai saksi. 7 orang ditetapkan tersangka, 1 hanya sebatas saksi inisial SY selaku ketua pejabat penerima hasil pekerjaan (PPHP),” terang Rudi Iskandar SH MH. Selasa, (16/11)

Menurut Kajari, Keempat tersangka yang kami tahan, dititipkan di sel tahanan Mapolres Mukomuko,” kata Rudi Iskandar.

Disampaikan Kajari, inisial AH, RD dan J yang mangkir atas panggilan Kejari Mukomuko, telah diberikan surat panggilan berstatus tersangka untuk menghadap penyidik Jumat (19/11) mendatang.

Kajari mengharapkan agar AH, RD dan J untuk bersikap kooperatif memenuhi panggilan pihak Kejari. Jika tidak, kemungkinan akan diadakan jemput paksa.

‘Kita panggil dulu ketiga tersangka yang tidak hadir hari ini, tanpa keterangan maupun pemberitahuan ke penyidik. Jika tidak datang, kita pagil lagi selaku tersangka . Dan jika mangkir lagi dan kita akan lakukan upaya penjemputan paksa,”terang Kajari.

Dikesempatan yang sama Kasi Pidsus Kajari MukoMuko, Andi Setiawan SH MH, menyampaikan, tersangka itu terlibas Tipidkor pengadaan seragam linmas TA 2020 dengan nilai kontrak RP830.000.000 juta lebih. Dari hasil audit BPKP, pengadaan baju seragam linmas sudah merugikan negara mencapai Rp329,5 juta lebih. Sejumlah barang bukti juga telah diamankan, diantaranya dokumen-dokumen, pakaian dan lainnya.

“Perkara ini masih dalam pengembangan lebih lanjut. Termasuk tiga tersangka yang tidak hadir kami panggil kembali untuk menghadap penyidik,” kata Andi Setiawan, SH.

Keempat tersangka yang digiring ke Mapolres Mukomuko Polda Bengkulu dititipkan dalam jangka waktu tertentu, dengan pengawalan ketat polisi.(rto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.