145 Hansip Kecamatan Kaur Selatan dan Kecamatan Tetap, Ikut Pelatihan

oleh -303 Dilihat
oleh

Berandapublik.com – Kepala Desa (Kades) Kecamatan Kaur Selatan dan Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu kerjasama melaksanakan pelatihan Pertahanan Sipil (Hansip).

Adapun tema kegiatan ini ialah “Peran Linmas dalam Menjaga Keamanan dan Ketenteraman Di Desa ” yang dilaksanakan di Aula Sentra Kuliner Kaur. Jum’at, (09/06/23) Siang.

Dana pelaksanaan pelatihan ini bersumber dari Dana Desa (DD) dan didasarkan atas kesepakatan bersama Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Kaur Selatan dan Kecamatan Tetap.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Medi Afriansyah, dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini penting dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas keamanan dan ketertiban masyarakat di desa. Sedangkan Narasumber yang diambil dari unsur TNI/Polri guna memberikan informasi dan pengetahuan Kamtibmas kepada peserta.

Di tempat terpisah kepala desa Padang Binjai Ersan Azhari mengatakan, peran Linmas untuk desa, bukan hanya untuk menjaga keamanan lingkungan tetapi terkadang mereka juga diberdayakan untuk mengatur lalu lintas di setiap hajatan yang ada di desa, terutama lokasi acara itu yang terkena badan jalan.
” Linmas ini bukan hanya untuk kamtibmas saja, kadang kala diberdayakan untuk lalu lintas pada acara hajatan,” kata Erzan.

Peserta pelatihan Linmas ini sebanyak 145 orang, merupakan hansip dari 18 desa di Kecamatan Kaur Selatan dan 12 desa di Kecamatan Tetap. Pelatihan akan dilaksanakan selama enam hari mulai tanggal 09-13 Juni 2023.

Wakapolres Kaur, Kompol Enggar Syah, S.I.k yang hadir pada kegiatan itu, dalam arahannya mengapresiasi panitia pelaksana yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan baik. Ia juga mengucapkan selamat atas terbentuknya Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) di Kecamatan Kaur Selatan dan Kecamatan Tetap.

” Saya sangat mengapresiasi panitia yang telah berharap kegiatan tidak berhenti sampai di sini saja karena masih banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh BKAD. Kegiatan ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di desa,” kata Enggar Syah.

Sekda Kaur Erzan Syafiri, dalam sambutannya berharap, agar anggota Linmas memiliki kepekaan terhadap upaya pengamanan di tingkat Desa. Ia juga menegaskan pentingnya mengikuti kegiatan ini dengan serius karena banyak manfaatnya bagi masyarakat dalam membantu pihak Babinkamtibmas dan Babinsa dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Saya pikir, Hansip ini juga memiliki peran sebagai perpanjangan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam menjaga keamanan desa. Terlebih yang hadir sudah seperti Angkatan Darat.” Kata Ersan Syafiri sembari Guyon.(rks).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *